bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Ide Kreatif Membangun Rumah Hemat Energi

Menghemat energi menjadi permasalahan sulit untuk diselesaikan. Namun sebenarnya menghemat energi akan menjadi mudah jika sobat mengetahui bagaimana caranya. Banyak sekali barang elektronik, yang digunakan pada rumah. Seperti mesin cuci, televise, kulkas, mesin penghidap debu, computer, laptop, hp, setrika, penanak nasi, blender.

Rumah Hemat Energi
Rumah Hemat Energi

Baca juga: Desain Ala Skandinavia Cocok untuk Para IG

Rumah Hemat Energi
Rumah Hemat Energi

Hampir semuanya menggunakan listrik. Kita tidak bisa benar-benar menghilangkan ketergantungan pada barang-barang tersebut, karena barang tersebut membantu sekaligus mempermudah kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. kita hanya bisa melakukan penghematan semaksimal mungkin dalam menggunakan barang-barang elektronik.

Kebanyakan orang tidak tau, bahwa perabotan listrik rumah tangga tidak harus dinyalakan secara bersama. Sobat bisa mengatur pemakaiannya dengan bijak. Hal ini bisa mengurangi tingkat konsumsi listrik pada rumaH. Jangan sampai sobat mengabaikan hal ini, karena bisa membuat sobat menjadi boros dalam menggunakan listrik. Hasilnya  tagihan listrik meningkat, sedangkan listrik merupakan kebutuhan sobat setiap harinya.

Sobat bisa mewujudkan rumah yang hemat energi, dengan cara berikut:

  1. Pencahayaan

Usahakan untuk tidak menyalakan lampu disiang hari ya sobat. Sinar matahari sudah cukup untuk menerangi ruangan. Jika ruangan terasa gelap meski siang hari, sobat bisa membuka candela atau tempat yang membuat cahaya masuk. Matikan lampu ketika tidur. Selain menghemat energi, mematikan lampu ketika tidur juga baik untuk  kulit. Tapi jika sobat tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap, sobat bisa menggunakan lampu kecil. Lampu kecil bisa lebih menghemat energi. Usahakan agar tidur tidak dalam kondisi TV menyala. Jika sudah mengantuk, sobat bisa langsung mematikan televise. Jangan mematikan TV dalam posisi stand by karena memerlukan energy 10 watt. Tapi matikan TV melalui posisi switch. Jangan membeli barang-barang sudah ada di ruang keluarga. Jika barang elektonik seperti TV sudah ada di ruang keluarga, sebaiknya tidak membeli TV untuk  Kamar.

  1. Penghawaan

Setiap ruangan sebaiknya diberi pencahayaan yang cukup. Pemberian ventilasi yang baik, bisa menghindari ruangan menjadi pengap dan bau. Ruang toilet biasanya sangat pengap, sobat bisa memberikan ventilasi pada bagian atas dinding. Jadi sobat tidak memerlukan exhaust fan. Untuk bagian dapur sobat juga harus memberikan sirkulasi udara yang bagus. Jadi sobat tidak memerlukan alat pengisap asap. Usahakan setiap ruangan mendapatkan udara yang bersih agar ruangan tidak pengap dan berbau.

  1. Air Bersih

Kebutuhan air sangat diperlukan. Setiap hari kita selalu membutuhkan air. untuk mandi, memasak, menyiram bunga, mencuci piring, mencuci montor dan kebutuhan lainnya. Kebutuhannya yang sangat sering digunakan. Sobat harus benar-benar menghemat listrik pada kegiatan ini. Menyalakan listrik untuk air bisa langsung membuat biaya listrik naik. Sobat harus menggunakan tandon, tempat besar yang dapat menampung air. Jadi listrik air digunakan untuk mengisi air pada tandon. Sehingga sobat bisa mengguanakn air tanpa sering menyalakan listrik. Namun warna tandon yang gelap dan tidak tembus, sulit untuk melihat apakah tandon sudah terisi penuh atau belum. Untuk menghindari hal ini, sobat bisa menggunakan mesin pompa otomatis. Jadi listrik akan menyala ketika air pada tandon benar-benar habis. Jika tandon penuh, secara otomatis mesin pompa akan berhenti.

Sobat juga harus memperhatikan pemakaian barang-barang elektronik. Jika sudah selesai mengeces hand phone, sobat bisa langsung menjabut ces. Jangan hanya menjabut hand phone dan lupa menjabut ces. Selain menghemat energi, ces juga tidak mudah rusak. Itu dia sobat, cara agar sobat bisa menghemat energy listrik. Semoga bermanfaat….

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!