bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Membangun Sirkulasi Udara Rumah yang Sehat

Tips Membangun Sirkulasi Udara Rumah yang Sehat – Saat Anda nanti akan membangun sebuah rumah, tentunya Anda sangat berharap supaya dapat menciptakan sebuah sirkulasi udara rumah yang baik dan sehat. Sehingga, selain terlihat nyaman dan indah, rumah pun bisa menjadi terlihat lebih sehat.

Sirkulasi Udara Rumah
Sirkulasi Udara Rumah

Dilihat dari segi keindahannya, sudah pasti sebenarnya keindahan itu sifatnya adalah relatif. Karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda dan tidak sama jika berbicara tentang keindahan bangunannya sendiri. Namun, bila dilihatdari segi aspek kesehatannya, sudah pasti standardnya sudah pasti seirama dan seragam.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Sirkulasi Udara Rumah
Sirkulasi Udara Rumah

Dalam hal ini, umumnya  setiap rumah yang sehat itu memiliki kriteria yang sama. Yaitu meliputi sirkulasi udara yang bagus, ruangan yang cukup pencahayaan sinar mataharinya, posisi letak ruang yang mudah pergerakan penghuni utnuk melakukan kegiatan, ada lahan yang terbuka guna menanam sebuah tanaman, dll.

Nah, di bawah ini akan kami jelaskan bagaimana cara membangun sebuah rumah sehat berdasarkan tinjauannya dalam sirkulasi udara dan juga pencahayaan yang alami dalam sebuah ruangan yang ada di dalam rumah, antara lain:

Sirkulasi Udara

Sebuah sirkulasi udara yang terdapat dalam sebuah bangunan rumah tinggal ini umumnya bisa didapatkan lewat lubang angin dan juga ventilasi. Di bagian ruangan terluar bangunan umumnya ventilasi ini berguna untuk mengalirkan udara. Sedangkan ruangan yang berada di bagian tengah bangunan umumnya dapat memakai channel penangkap angin ataudisebut juga dengan saluran penangkap angin dan sebuah menara penangkap angin.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Agar bisa menjadikan udara yang masuk itu terlihat lebih sehat dan alami, maka umumnya ditambahkan dengan sebuah lubang ventilasi yang dibuat sebanyak 2 bidang dinding. Perbedaan tekanan yang dihasilkan dari dalam bangunan dan di luar bangunan ini bisa menjadikan udara yang mengalir dari sirkulasi udara rumah ini dapat mengalirkan udara dari 1 bidang dinding ke bidang dinding lainnya.

Banyaknya ventilasi udara di dalam rumah itu harus cukup. Agar nantinya hal ini dapat mendukung adanya proses sirkulasi udara yang baik. Dimana nantinya dapat menjadikan udara yang segar bisa masuk ke dalam rumah. Bentuk ventilasi udara yang kerap dipakai adalah berbentuk konvensional. Yaitu daun jendelanya berasal dari panel kayu atau dari kaca yang dapat terbuka dengan lebar di siang hari.

Ada juga yang menggunakan jendela berbentuk bouvenlicht. Desain inimemakai 2 bilah kaca sebagai jendela rumahnya dengan celah di antara keduanya dapat memberikan terjadinya sebuah pertukaran udara. Desain ini umumnya diterapkan ke bagian toilet atau di dalam kamar mandi. Ada juga yang menggunakan jendela dari kaca nako yang berasal dari bilah kaca yang dapat dibuka dan dittup.

Di samping itu, ada juga sirkulasi udara rumah yang bentuknya berupa lubang kisi-kisi angin yang tersusun secara horizontal di bagian dinding rumah. Metode yang digunakan untuk menciptakan lubang ventilasi ini umumnya bervariasi. Entah itu dari bagian lubang dinding, kisi-kisi yang horizontal, dan juga memakai sebuah kusen kayu.

Pencahayaan

Sama halnya dengan sirkulasi udara rumah, dari segi pencahayaannya disini adalah ada baiknya bila segi pencahayaan di dalam rumah itu berasal dari cahaya yang alami. Dengan begitu, hal ini bisa memberikan nuansa yang sehat dan bisa lebih hemat energi. Karena, kini Anda tidak harus menyalakan lampu pada siang hari. Cukup dengan memanfaatkan sinar matahari saja, Anda bisa mendapatkan cahaya matahari secara alami di dalam rumah.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!