bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Standar Penting Untuk Merancang Dapur Minimalis Sendiri

Standar Penting Untuk Merancang Dapur Minimalis Sendiri – Dalam sebuah rumah, dapur merupakan ruangan yang memiliki kompleksitas lebih banyak sehingga membutuhkan sebuah perancangan yang baik serta perhatian khusus dari berbagai standar yang sudah ditetapkan.

Standar Penting Untuk Merancang Dapur Minimalis Sendiri
Standar Penting Untuk Merancang Dapur Minimalis Sendiri

Standar ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para penghuni dan juga memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkegiatan di dalam dapur tanpa terganggu karena ukuran yang tidak sesuai atau benturan antar barang di dalam area dapur.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Standar Penting Untuk Merancang Dapur Minimalis Sendiri
Standar Penting Untuk Merancang Dapur Minimalis Sendiri

Standar ukuran serta ketentuan berbagai jenis tipe dapur memiliki banyak sekali patokan, tetapi dalam rancangan dapur minimalis memiliki tiga standar yang perlu untuk diketahui dan juga anda pahami.

Standar – standar tersebut meliputi pembagian area kerja serta penyediaan fasilitas pendukung aktivitas di dalam area dapur, seperti yang akan kami uraikan berikut ini.

  • Area memasak
  • Area mencuci atau membersihkan
  • Area persiapan masak
  • Tempat penyimpanan kering
  • Tempat penyimpanan basah atau lemari es
  • Tempat sampah sisa dapur
  • Sirkulasi udara Pencahayaan dapur

Selain itu, juga terdapat standar umum yang perlu diketahui dengan tepat sebelum anda mulai untuk merancang dapur minimalis sendiri.

Baca Juga: 5 Hal Terpenting Desain Dapur Minimalis Modern

Standar umum dapur minimalis

1#. Standar ukuran dapur

Ukuran dapur memang tidak bisa ditentukan secara global, tetapi berdasarkan dari besar lahan yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan yang akan dilakukan didalamnya.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Hal utama dalam menentukan ukuran minimal dari dapur adalah dengan mempertimbangkan beberapa patokan yaitu pintu serta akses dapur serta area sekitarnya, jarak dan pembagian lahan kerja, penempatan lahan kerja, sirkulasi antara bidang kerja, ukuran dari bidang kerja dan juga fasilitas dari penyimpanan.

2#. Jalan masuk dan persoalan pintu

Jalan kearah dapur tidaklah harus berbentuk sebuah pintu dengan daun pintu yang berbentuk pivot 90, tetapi haruslah mempunyai lebar setidaknya 80 cm.

Sedangkan untuk lebar pintu diperlukan setidaknya 85 cm agar penghuni rumah serta peralatan dapur yang digunakan bisa bergerak dengan leluasa.

Jika lebar bidang kerja yang ada disamping pintu berukuran 60 cm, maka lebar pintu yang dibutuhkan harus ditingkatkan menjadi 90 cm. Gerakan dari daun pintu juga jangan sampai menghalangi bidang kerja ataupun bertabrakan dengan peralatan dapur seperti oven ataupun lemari es.

Selain itu juga, perhatikan pintu pada perlengkapan dapur yang lainnya agar tidak saling berbenturan saat dibuka.

Sebagai contoh, pintu oven dengan pintu lemari kabinet, sehingga anda perlu mengatur lemari dan juga perlengkapan dapur agar tidak saling berhadapan.

Semua ini dilakukan agar aktivitas di dalam dapur bisa berjalan dengan leluasa tanpa terhalang berbagai peralatan dapur yang tidak sesuai tempatnya sehingga saling berbenturan antara yang satu dengan yang lainnya.

3#. Jarak antara bidang kerja

Yang dimaksud dengan bidang kerja disini adalah lahan tempat beraktivitas dalam dapur dari mulai persiapan masak, proses memasak sampai pada mencuci perlatan dapur sesudah dipakai.

Bidang kerja ini dibagi menjadi tiga buah kegiatan utama yakni area memasak, area mencuci atau proses menyiapkan makanan dan lemari tempat penyimpanan.

Tiga lahan kerja ini membentuk sebuah segitiga kerja dengan ukuran yang disarankan tidak lebih dari 8 cm dan panjang kaki segitiga tidak kurang dari 1.2 m namun juga tidak lebih dari 2.7 m.

Hal penting lainnya yang harus menjadi perhatian anda adalah posisi dari area tidak boleh dihalangi oleh sudut bidang kerja yang lainnya supaya aktivitas di dalam dapur tidak berbahaya bagi penghuni yang sedang berada dalam area dapur.

Demikianlah ulasan tentang Standar Penting Untuk Merancang Dapur Minimalis Sendiri yang telah kreasirumah.net bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • ukuran standar dapur minimalis (1)
error: Content is protected !!