bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Sulap Rooftop Rumah Anda Menjadi Tempat Santai Paling Nyaman Part 1

Sulap Rooftop Rumah Anda Menjadi Tempat Santai Paling Nyaman Part 1 – Rooftop atau sering juga disebut dengan roof garden merupakan salah satu istilah dalam desain rumah yang ditujukan pada pengaplikasian sebuah taman pada atap rumah.

sulap rooftop rumah anda menjadi tempat santai paling nyaman part 1
sulap rooftop rumah anda menjadi tempat santai paling nyaman part 1

Pengertian pendeknya, roof garden adalah taman yang terdapat pada atap rumah.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
sulap rooftop rumah anda menjadi tempat santai paling nyaman part 1
sulap rooftop rumah anda menjadi tempat santai paling nyaman part 1

Saat ini, sebuah pengadaan roof garden sudah menjadi suatu kebutuhan penting pada mereka yang tinggal di perkotaan.

Roof garden ini lebih sering digunakan pada rumah daerah perkotaan karena udara bersih yang sudah sulit untuk didapatkan akibat dari polusi kendaraan dan juga pabrik.

Baca Juga: 7 Tahapan Penting Membuat Taman Atap Rumah Atau Roof Garden Unik

Sementara itu, untuk mengaplikasikan sebuah taman pada daerah perkotaan sudah mulai sulit untuk dilakukan sebab lahan yang semakin terbatas dan padat.

Hal inilah yang mneyebabkan roof garden menjadi pilihan terbaik untuk mereka yang ingin tetap menghadirkan sebuah taman dalam hunian mereka.

Namun dalam mewujudkan roof garrden ini, ada beberapa hal yang penting untuk anda perhatikan sebab rooftop memerlukan pondasi yang cukup kuat untuk menyangga beban tanaman, air, tanah dan juga berbagai furniture yang digunakan.

Untuk lebih detail mengenai pemanfaatan area rooftop menjadi sebuah taman indah, silahkan simak ulasan dari kreasirumah.net berikut ini.

1#. Area lahan membuat rooftop

Dalam pembuatan area roof garden ini tidak dibutuhkan lahan yang luas namun biaya yang harus dikeluarkan memang terbilang lumayan.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Biaya yang tidak sedikit ini diperlukan pondasi dari atap harus dibangun dengan kokoh.

Sedangkan untuk ukuran lahan yang dibutuhkan bisa pada luas lahan sebesar 4 x 4 meter persegi dan anda sudah dapat mewujudkan sebuah rooftop yang nyaman.

Namun, jika luas lahan yang anda miliki lebih kecil dari ukuran diatas, anda tetap bisa membuat sebuah rooftop dengan catatan fungsinya yang memang cukup terbatas juga.

2#. Membuat sistem drainase

Hal berikutnya yang tidak kalah penting adalah anda harus membuat sebuah sistem drainase untuk penampungan air hujan dan juga pembuangan limbah air.

Hal ini sangat penting untuk dibuat agar air kotor tidak menyebar pada rooftop sehingga menyebabkan air merembes kedalam tembok dan tembok pun menjadi kotor.

Sebelum anda memulai membuat area rooftop, persiapkan sistem drainase dan juga rencanakan dengan baik desain dari rooftop tersebut.

2#. Lapisi struktur rooftop

Setelah anda membuat perencanaan rooftop dan juga sistem drainase, langkah selanjuntya adalah memperkuat struktur area rooftop tersebut.

Lapisi pondasi rooftop rumah anda dengan material penahan air atau bahan lain yang waterproof.

Jika diperlukan, tambahkan dengan bahan aditif pada pondasi beton sehingga bangunan bisa menjadi lebih kuat.

Pilihan waterproof yang anda bisa gunakan adalah dalam bentuk lembaran ataupun komposit dengan material serat fiber.

Hal ini dilakukan agar saluran air penyiraman tidak menjadi tersumbat dan juga air tidak akan merembes atau mengalir ke berbagai tempat.

3#. Pahami kualitas dari atap rumah anda

Jika dibandingkan dengan membuat taman biasa di pekarangan rumah, pembuatan rooftop ini lebih memiliki banyak teknik yang cukup sulit.

Oleh karena itu, anda membutuhkan pemahaman dan juga pengetahuan dari kualitas atap rumah anda, pemilihan lahan dan juga pemilihan jenis tanaman yang akan diaplikasikan pada area rooftop tersebut.

Jika hal ini tidak anda lakukan, maka yang akan terjadi adalah pertumbuhan tanaman bisa menjadi liar serta bangunan pada rooftop akan hancur.

Simak kelanjutan dari pembahasan tentang Sulap Rooftop Rumah Anda Menjadi Tempat Santai Paling Nyaman Part 1 ini pada artikel part 2 selanjutnya.

 

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Artikel Terkait:

  • tempat nyantai di atap rumah (1)
error: Content is protected !!