bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Tahapan Yang Diperlukan Untuk Melakukan Migrasi Listrik Apartemen Pascabayar ke Prabayar

Tahapan Yang Diperlukan Untuk Melakukan Migrasi Listrik Apartemen Pascabayar ke Prabayar – Sistem pembayaran listrik prabayar memang cukup menarik minat masyarakat khususnya untuk masyarakat di kota besar seperti Jakarta.

Tahapan Yang Diperlukan Untuk Melakukan Migrasi Listrik Apartemen Pascabayar ke Prabayar
Tahapan Yang Diperlukan Untuk Melakukan Migrasi Listrik Apartemen Pascabayar ke Prabayar

Namun meski pun begitu, ada beberapa masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan migrasi dari sistem pascabayar menjadi prabayar.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Tahapan Yang Diperlukan Untuk Melakukan Migrasi Listrik Apartemen Pascabayar ke Prabayar
Tahapan Yang Diperlukan Untuk Melakukan Migrasi Listrik Apartemen Pascabayar ke Prabayar
BACA JUGA: Tahapan Cara Mudah Untuk Mengajukan Tambah Atau Turun Daya Listrik PLN

Apakah sistem pascabayar dan prabayar ?

Sistem pascabayar adalah sistem pembayaran yang sudah lebih dulu dijalankan, yakni para pengguna harus membayar tagihan listrik pada akhir bulan.

Sementara sistem prabayar adalah sistem pembayaran listrik yang dilakukan di awal seperti saat membeli pulsa ponsel anda.

Anda akan mendapatkan sejumlah kuota energi dengan satuan kWh yang besarannya sesuai dengan kuota yang anda beli.

Setelah membeli, anda akan mendapatkan nomor kode untuk dimasukkan pada bargainser atau meteran listrik, aliran listrik akan otomatis di putus ketika sampai di kuota listrik uang di beli dan sebelu di putus, bargainser akan berbunyi untuk tanda peringatan.

Pemerintah juga memberi himbauan agar rumah baru dengan daya di bawah 6600 VA agar memakai sistem prabayar, sedangkan untuk perumahan lama termasuk apartemen masih memakai sistem pascabayar.

Listrik prabayar akan membantu anda untuk mengetahui penggunaan dari listrik dan bisa mengaturnya sesuai dengan keperluan.

Inilah yang menyebabkan konsumen yang tinggal di apartemen yang di bangun dengan kebijakan listrik pascabayar mulai melirik untuk ikut memakai listrik prabayar.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Penyebabnya adalah pembayaran listrik pascabayar dilakukan secara kolektif dan total tagihan listrik pada akhir bulan akan di tanggung oleh semua penghuni apartemen yang terkadang di bagi dengan rata.

Dengan sistem ini, maka penghuni apartemen banyak yang merasa keberatan sebab pemakaian listrik tentunya akan berbeda beda sedangkan presentase pembagianntya tidak dilakukan dengan transparan.

Dengan menggunakan sistem listrik prabayar, maka setiap penghuni bisa tahu dengan persis semua uang yang dikeluarkan memang benar benar digunakan untuk kebutuhan listriknya sendiri.

Untuk melakukan migrasi dari penggunaan sistem pascabayar menjadi prabayar memang dibutuhkan beberapa langkah yang akan kreasirumah.net ulas berikut ini.

Mengkoordinasi dengan pengembang

Oleh karena identitas pelanggan yang sudah terdaftar pada PLN adalah identitas tunggal yakni pengelola apartemen, maka anda yang ingin melakukan imigrasi harus berkoordinasi dulu dengan pihak pengembang.

Ini bertujuan supaya anda bisa lepas dari kewajiban membayar iuran listrik kolektif.

Perkuat ijin secara hukum

Supaya proses migrasi tidak menimbulkan masalah, maka anda juga harus memperkuat ijin dari pengembang pada surat bermaterai.

Dengan ini, maka ijin yang sudah dikeluarkan akan bersifat tetap dan kuat dalam hukum.

Lunasi tunggakan anda

Anda juga harus memastikan untuk melunasi tunggakan listrik pada pemakaian sebelumnya dan ini merupakan hal penting agar ijin yang sudah anda peroleh tidak mengalami masalah.

Hubungi pihak PLN

Sesudah anda mendapat ijin berlandaskan hukum kuat, maka siapkan beberapa dokumen penting selain dari ijin tersebut.

Persiapkan juga fotocopy KTP serta surat bukti jika anda merupakan penghuni sah unit apartemen.

Anda bisa terlebih dahulu menghubingu call center PLN di nomor 123 untuk keterangan selengkapnya.

Dalam proses penggantian sistem listrik prabayar, PLN juga tidak mengenakan biaya administrasi dan anda hanya perlu membaya biaya pulsa listrik prabayar pertama mulai dari Rp.5.000 sampai Rp.1.000.000.

Saat anda sedang menunggu proses pergantian listrik prabayar ini, maka anda akan mendapatkan tagihan susulan yang disesuaikan dengan nomor registrasi dari sisa pemakaian tenaga listrik.

Realisasi ini akan selesai antara 1 hari sesudah anda membayar pulsa perdana dengan catatan tidak terjadi perluasan, namun jika ditetapkan keputusan perluasan PLN, maka anda harus menunggu selama 5 hari kerja di luar hari Sabtu, Minggu dan libur Nasional.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!