bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Desain Tipe Rumah Tinggal Split Level

Desain Tipe Rumah Tinggal Split Level – Umumnya desain tipe rumah tinggal split level ini sebenarnya dikhususkan untuk rumah yang memiliki lahan yang kecil dan terbatas, sehingga space yang terbatas bisa disiasati. Namun, sekarang ini alasan itu jauh berbeda sekali.

tipe rumah tinggal
tipe rumah tinggal

Baca juga: Tipe Rumah Susun Perkotaan Minimalis 2017

tipe rumah tinggal
tipe rumah tinggal

Banyak rumah menggunakan konsep split level ini karena memang hal ini mampu menciptakan kesan ruang yang lebih berdimensi. Itu berarti bahwa disini Anda bisa menciptakan rumah yang lebih tinggi dibandingkan dengan dinding yang digunakan sebagai alat pemisah di antara para ruangan, selain kamar tidur dan kamar mandi.

Desain Tipe Rumah Tinggal Split Level

Rumah yang terletak di lahan 450 m2 ini bisa dibangun tipe rumah tinggal 2 lantai yang kemudian dipecah menjadi 4 level, yang kemudian disebut juga dengan split level.

Dilihat dari arah luarnya, bangunan rumah terlihat lebih berjenjang, sehingga masa bangunannya seperti ada kombinasi antara bentuk persegi dengan bentuk trapezium yang disusun tinggi rendah dan maju mundur. Sehingga, dimensinya semakin tegas. Inilah yang kemudian dijadikan sebagai ciri khas dari rumah split level itu sendiri.

Bentuk massa kotak yang tersusun rapi dan dikombinasikan dengan masa bangunan ini dibuat miring ke bagian sisi arah mukanya. Sementara untuk kedua komposisi dari masa bangunannya dibuat terpisah oleh kanopi kaca yang transparan. Dengan begitu, hal ini bisa memperlihatkan kesan ringan di antara kedua massa bangunan tersebut.

Dengan menciptakan tipe rumah tinggal split level void yang atapnya miring 1 arah dan ada sisi tembus pandangnya, ini membuat skala ruangan dalam rumah menjadi lebih sempurna.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Untuk menciptakan hunian yang terlihat lebih baik, maka lakukan pengolahan menggunakan finishing yang tidak sama untuk setiap bidangnya. Misalnya saja dikamprot ataupun diaci yang halus, kemduain keduanya diberikan 2 warna yang bernuansa alami. Ada beberapa yang ditutupi mengugnakna batuan andesit yang dipasang memakai susun sirih.

Sementara di antara bidang massif tersebut ditambahkan bidang yang seakan-akan ditambahkan lubang pada bagian dinding kacanya yang menerus ke atap. Di bagian ini terlihat tembus pandang sehingga keseimabngan masa bangunan bisa lebih terjaga.

Yang pasti, penggunaan komposisi desain rumah menggunakan desain split level yang atraktif dan dinamis ini memang dibuat unutk membentuk sebuah bangunan yang berbeda dan lebih berkarakter dari bangunan yang ada di sekitarnya. Karena dalam hal ini, terdapat masa bangunan induk yang memiliki skala ukuran yang lebih besar, kemudian disambungkan pada masa bangunan utamanya yang membentuk formasi L.

Sementara untuk bagian bangunan induknya dibuat menghadap ke dalam ruangan dan dibuat split level yang jauh sederhana untuk mengoptimalkan fungsi dari ruangan yang terdapat di dalamnya. Pengaplikasian desain yang unik inilah menjadikan detail bangunan terasa lebih private. Karena bangunan tersebut dirancang khusus menggunakan pondasi kontruksi dari 2 lantai, sementara area roofnya terletak di atasnya untuk taman dan roof garden.

Untuk bentuk bidangnya sendiri dibuat miring dan sedikit diperlunak sehingga bisa ditambahkan cascade yang menjuntai sampai ke bawah, hal ini merepresentasikan sebuah desain air terjun dimana airnya jatuh ke bawah.

Untuk taman belakangnya sendiri diaplikasikan menggunakan desain seperti pada resort yang lengkap dengan kolam renangnya dan jug ataman tropicalnya yang mengisi celah dan lorong di antara masa bangunannya. Jadi, bisa dibilang bahwa tipe rumah tinggal ini mampu menciptakan hunian outdoor yang lebih lapang dan lebih chic!

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!