bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Memilih Batu Bata yang Tepat untuk Rumah

Tips Memilih Batu Bata yang Tepat untuk Rumah – Batu bata merupakan salah satu bahan bangunan yang berasal dari campuran tanah liat dan sedikit air. Prosesnya mengalami pembakaran  sehingga menghasilkan warna kemerahan. Batu bata digunakan untuk membuat dinding dan tembok.

Memilih batu bata dengan benar dan baik perlu dilakukan. Mengingat batu bata menjadi elemen terpenting dari membuat rumah. Tanpa adanya batu bata rumah tidak akan bisa kokoh berdiri. Maka dari itu anda perlu memilih kualitas batu bata yang baik . .

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips memilih batu bata yang tepat untuk rumah. Yukss simak…

Baca juga: Mau Kamar Tidur selalu Nyaman dan Tenang? Lakukan Cara Ini!

Jenis batu bata

Banyak sekali jenis batu bata yang ada di pasaran. Namun dari sekian banyaknya, batu bata jenis tanah liatlah yang sering digunakan. Batu bata jenis tanah liat dibuat dengan proses mencampurkan tanah liat dengan air. Lalu adonan di masukan ke cetakan berbentuk persegi panjang. Setelah itu, batu bata dijemur hingga mengering dan barulah dibakar. Sehingga warna batu bata berubah.

Batu bata tanah liat memiliki dua jenis yaitu bata muka dan bata merah. Bata muka bertekstur halus dan licin. Memiliki warna yang sama yaitu cokelat kemerahan. Batu muka sering digunakan sebagai penghias interior rumah dan juga dinding ekspos. Bata ini sering disebut sebagai bata imitasi. Sedangkan bata merah memiliki warna yang tidak seragam. Tapi warnanya cenderung berwarna merah kecoklatan. Teksturnya kasar dan tidak rapi, selain itu kekerasannya tidak sama. Bata merah sering sekali digunakan sebagai tembok atau dinding.

Tips memilih batu bata yang baik



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
  1. Pilihlah batu bata yang berasal dari toko atau tempat yang memiliki reputasi baik. Hal ini perlu diperhatikan, mengingat jumlah batu bata yang akan dibeli selalu dalam jumlah yang banyak. Jika sebuah toko bangunan menjual bata yang selalu dalam keadaan bagus, maka kemungkinan tidak akan mengecewakan anda. Bata bata dalam kondisi bagus, baik yang ditat di bagian bawah maupun atas.
  2. Sebelum menggunakan, anda perlu melakukan pengecekan. Jika memakan waktu yang lama karena jumlah batu bata yang banyak. Anda bisa mengecek secara acak. Seperti melakukan pengecekan pada bagian atas dan samping. Jika memungkinkan cek pada bagian bawah.
  3. Walaupun sudah membeli di toko yang mempunyai reputasi baik dan melakukan pengecekan. Biasanya masih ada batu bata yang di bawah rata-rata. Karena sudah terlanjur membelinya, anda tetap harus menggunakannya. Untuk meningkatkan kekuatan dinding. Anda bisa mencampur dengan beton berkualitas tinggi dan menguatkan pada bagian besi tulangan.
  4. Perhatikan toko, sebelum membeli. Jika ada batu-bata yang pecah, maka dijamin kualitas batu-bata di toko tersebut tidak baik. Jangan sampai membelinya, lebih baik mencari toko lainnya yang lebih bagus.
  5. Kekuatan batu bata bisa dibuktikan dengan mengetuk potongan besi. Jika menimbulkan suara nyaring maka batu bata memiliki daya dukung bagus.
  6. Selain mengetuk potongan besi pada batu bata. Anda juga bisa membelah batu bata menjadi dua bagian untuk melihat kualitasnya. Jika warna merah merata hingga ke bagian dalam. Maka batu bata tersebut berkualitas baik.
  7. Cara yang terakhir, lakukan perendaman batu bata. Merendam batu bata untuk mengetahui daya serapnya. Jika air yang terserap sedikit, maka mutu batu bata tinggi.

Itu dia. Cara memilih batu bata yang tepat untuk rumah. Semoga membantu anda dalam membangun rumah yang nyaman dan bagus. Semoga bermanfaat…..

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!