bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Memilih Rumah Lampu Dan Lampu Menyesuaikan Dengan Fungsi Ruangan

Tips Memilih Rumah Lampu Dan Lampu Menyesuaikan Dengan Fungsi Ruangan – Lampu memiliki banyak jenis yang berbeda – beda dan disesuaikan dengan setiap ruangan, namun yang sering terjadi adalah kita seringkali tidak terlalu paham tentang lampu apa yang cocok dan bisa berfungsi dengan baik dalam sebuah ruangan tersebut.

tips memilih rumah lampu dan lampu menyesuaikan dengan fungsi ruangan
tips memilih rumah lampu dan lampu menyesuaikan dengan fungsi ruangan

Sebuah lampu dekorasi contohnya yang menjadi salah satu piranti perangkat interior paling banyak digunakan untuk memperindah tampilan sebuah ruangan.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
tips memilih rumah lampu dan lampu menyesuaikan dengan fungsi ruangan
tips memilih rumah lampu dan lampu menyesuaikan dengan fungsi ruangan

Anda bisa dengan mudahnya memilih jenis lampu, memasang dan menyalakan lampu tersebut sehingga tampilan sebuah ruangan akan langsung terlihat berbeda.

Baca Juga: Harga Model Lampu Kristal Gantung Ruang Tamu Minimalis

Rumah lampu atau disebut juga dengan armature atau fixture juga bisa dijadikan sebagai sebuah daya tarik dalam sebuah interior ruangan dan anda bisa banyak menemukan berbagai desain rumah lampu yang sudah banyak di jual dipasaran dengan bentuk, warna, motif yang berbeda – beda.

Untuk pemilihan lampu hias harus benar – benar lebih diperhatikan agar bisa sesuai dengan tema ruangan yang digunakan.

Jika dilihat dari fungsinya, lampu dekorasi dibagi menjadi 2 bagian yaitu untuk interior dan juga eksterior.

Masing – masing lampu ini memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda – beda diantaranya berbeda dalam materi pembungkusnya, kayu, metal, kain, gelas, akrilik serta kombinasi kaca es serta baja.

Rumah lampu bisa dibuat dari material yang beragam namun yang harus diingat adalah lampu akan berhubungan dengan listrik dan juga panas sehingga pastikan bahan yang digunakan untuk rumah lampu merupakan bahan yang aman dan tidak mudah terbakar.

Berikut ini kreasirumah.net akan memberikan beberapa pilihan lampu yang disesuaikan dengan fungsi dari setiap ruangan.

Pilihan lampu berdasarkan fungsi ruangan

1#. Tahan air

Pilihan yang seringkali digunakan sebagai cover atau penutup diantaranya adalah kain sebab lebih memiliki corak dan motif yang beragam.



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Material cover dari kain ini cocok digunakan untuk lampu pada ruang tamu, kamar tidur dan juga ruang makan.

Agar lebih aman serta lampu tidak mudah terbakar, maka baik itu lampu hias dinding atau wall lighting dan juga lampu hias plafon atau ceiling lighting harus memiliki jarak yang cukup lebar antara komponen lampu dengan covernya.

Hal ini untuk menghindari panas yang dihasilkan dari lampu tidak menyambar pada cover yang terbuat dari kain tersebut.

Sementara untuk pegangannya, pilih material yang cukup kuat seperti aluminium atau stainless steel.

Selain kain, bahan yang sering digunakan untuk cover lampu adalah aluminium, stainless steel serta kombinasi antara metal dan gelas.

Bahan – bahan ini bisa anda pilih menyesuaikan dengan konsep interior ruangan yang sudah anda gunakan.

Sudah banyak produsen yang menghadirkan berbagai pilihan lampu dekoratif ceiling dan pendant atau menggantung yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan tema interior yang anda gunakan.

Beda fungsi ruangan maka akan berbeda pula kebutuhan akan rumah lampu yang akan digunakan pada ruangan tersebut.

Sebagai contoh, untuk rumah lampu pada lampu di kamar mandi lebih membutuhkan rumah lampu dengan rancangan yang khusus sebab kamar mandi merupakan area yang lembap.

Kebanyakan rumah saat ini masih menggunakan lampu holder E27 yang berbentuk seperti cankang terbuka dari plastik untuk memegang bohlamnya, namun tanpa disadari saat beraktivitas di kamar mandi pasti banyak percikan air atau atap bocor yang bisa mengganggu kondisi dari lampu tersebut.

Untuk memilih rumah lampu kamar mandi, sebaiknya pilih yang memliki tingkat keamanan tertentu seperti tahan dengan air contohnya.

Tingkat kemanan yang berupa IP (Ingress Protection) merupakan tingkatan perlindungan yang melekat pada sebuah alat listrik.

Tingkay IP ini ditandai dari dua angka dibelakangnya, angka pertama menunjukkan perlindungan pada debu atau external solid bodies, sementara angka kedua merupakan lambang dari perlindungan pada penetrasi bahan cair.

IP yang memiliki angka depan 1 mengartikan material itu memberikan perlindungan terhadap benda padat seperti sidik jari, debu mulai jarak diameter terluar 50 mm.

IP yang menggunakan angka depan 2 memiliki perlindungan pada lampu hingga mencapai diameter 12 mm.

Rangkaian luminer untuk area kamar mandi haruslah tahan terhadap percikan air dan berarti IP minimalnya harus 20.

2#. Anti karat

Kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub, shower dan tempat berias lebih membutuhkan lampu dengan jenis yang berbeda.

Ketinggian plafon dari lantai ke area bathtub minimal adalah 2.25 m untuk menghindari cipratan air dari shower sampai pada lampu yang berada pada plafon tersebut.

Rumah lampu yang baik untuk digunakan adalah dengan IP 44 berbahan gelas dan ukuran IP ini sama untuk memasang lampu pada dinding diluar area bathtub dan untuk lebih menjaga keamanan, maka jarak ideal yang harus digunakan adalah 0.6 meter.

Untuk area menyikat gigi atau merias diri yang dilengkapi dengan cermin serta wastafel, juga bisa diberikan lampu dekorasi pada bagian atasnya dengan spesifikasi standar IP 21 sampai IP 44 dan material yang digunakan adalah gelas dengan pegangan metal chrome finishing atau stainless steel.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!