bonersbbq.com

Tunggu, sedang memuat. . .

Tips Menyelamatkan Tanaman yang Berdaun Kuning

 

Tips Menyelamatkan Tanaman yang Berdaun Kuning
Tips Menyelamatkan Tanaman yang Berdaun Kuning

 

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
Tips Menyelamatkan Tanaman yang Berdaun Kuning
Tips Menyelamatkan Tanaman yang Berdaun Kuning

Tanaman telah menjadi kebutuhan untuk mempercantik ruangan di dalam rumah. Selain mempercantik ruangan, tanaman juga dapat menyejukan udara di dalam ruangan. Oleh karena itu, kebanyakan orang menjadikan tanaman sebagai elemen dekorasi. Banyak sekali jenis tanaman yang dapat diletakkan, namun biasanya dipilih jenis tanaman yang tahan banting. Hal ini dikarenakan, sinar matahari sebagai proses fotosintesis tidak dapat diserap maksimal oleh tanaman secara langsung. Karena keberadaannya yang terletak di dalam rumah.

Permasalahan yang sering terjadi adalah perawatan tanaman itu sendiri. Kurang kadar air, kurang intensitas cahaya dari matahari, dan tidak sesuainya pot dengan tanamannya. Biasanya permasalahan tersebut tidak segera diatasi karena tidak terlihat. Tanda-tanda tanaman tidak sehat adalah warna daun yang mulai menguning. Jika daun tanaman anda sudah menguning. Lakukan hal-hal berikut ini:

Periksa kondisi tanah

Sama halnya meletakkan tanaman di luar rumah. Di dalam ruangan pun, anda tetap membutuhkan media tanam. Apalagi hampir semua tanaman yang ada di dalam ruangan diletakkan pada pot. Pasti membutuhkan tanah. Salah satu penyebab daun tanaman menguning adalah kondisi tanah yang tidak bagus. Lakukan pemberian pupuk, untuk membuat tanah menjadi sehat. Selain itu, basahi tanah agar kadar air di dalam tanah cukup.

Cari hama



Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding

Selanjutnya anda perlu memeriksa apakah ada hama pada tanaman. Selain kondisi tanah, daun menguning juga disebabkan oleh hama yang muncul pada tanaman. Hama muncul dalam bentuk yang berbeda-beda seperti hewan perusak atau daun liar. Untuk menghilangkan dan mencegah hama muncul lakukan pembersihan secara rutin. Jika hama sudah terlanjur muncul, potong daun yang terkena hama agar hama tidak menyebar ke bagian tanaman lainnya. Bersihkan tanaman dari rumput-rumput liar penganggu. Jangan sampai keindahan tanaman terhalangi karena rumput liar tumbuh menghalangi tanaman.

 

 

Jemur di Sinar Matahari

Jika kadar tanah baik dan hama sudah bersih. Namun daun menguning tetap terlihat, penyebab selanjutnya adalah kurangnya sinar matahari. Kekurangan vitamin D pada tanaman dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya tanaman. Selain daun menguning, tanaman akan sulit melakukan fotosintesis akibatnya tanman bisa layu dan mati. Agar hal ini tidak terjadi. Anda perlu membawa tanaman ke luar rumah seminggu sekali.  Jika tidak memungkinkan karena ukuran tanaman besar. Sebaiknya letakkan tanaman di bagian ruangan yang terkena cahaya secara langsung. Dengan seperti itu, anda tidak perlu repot-repot membawa tanaman keluar rumah.

Hindari suhu terlalu dingin

Jangan meletakkan tanaman pada suhu udara yang dingin. Meski tanaman membutuhkan air, tapi jangan berlebihan. Meletakkan tanaman pada suhu udara yang dingin dapat menyebabkan tanaman menjadi tidak sehat dan akhirnya mati. Sebaiknya letakkan tanaman pada suhu udara yang sesuai. Selain itu, dalam meletakkan tanaman di dalam ruangan gunakan alas. Menggunakan alas dapat menghalangi udara dingin masuk ke dalam tanaman.

Meski sudah tau penyebab daun tanaman menguning. Sebaiknya lakukan pencegahan dengan merawat tanaman secara teratur. Sirami tanaman secara rutin, ganti tanah, berikan pupuk, dan lakukan penyinaran agar tanaman mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jika tanaman sudah tumbuh besar, ganti pot dengan ukuran yang lebih besar. Jika ukuran tanaman semakin besar, letakkan tanaman di luar rumah. Dan ganti tanaman yang lebih kecil untuk di dalam ruangan.

Itu dia informasi. Bagaimana caranya menyelamatkan daun di dalam ruangan yang memulai menguning. Semoga informasi tersebut dapat membantu anda dalam merawat tanaman.

Lagi TREND !!! Baca : Kreasi Hiasan Dinding
error: Content is protected !!