Ini dia Aplikasi Gambar Denah Rumah Paling Trends di Tahun 2021!

Aplikasi gambar denah rumah – Siapa bilang desain interior dan eksterior rumah hanya bisa dikerjakan oleh arsitek atau orang yang memiliki skill di bidang tersebut? Kini orang awam pun bisa mengotak-atik desain hunian idaman dengan bantuan aplikasi.

Ya, sekarang sudah hadir beberapa aplikasi gambar denah rumah yang cocok bagi orang awam atau pemula hingga untuk professional. Sebagian aplikasi bahkan dapat diinstall dan digunakan di smartphone, sehingga lebih fleksibel.

19. Ingin Membangun Rumah Impian Gunakan Aplikasi Gambar Denah Rumah Ini 1

Aplikasi Gambar Denah Rumah

Lantas, apa saja software gambar denah rumah recommended yang membuat Anda ketagihan merancang desain rumah? Simak ulasan berikut!

1. Home Design 3D Anuman

Salah satu aplikasi terpopuler ini sangat direkomendasikan untuk Anda, sebab fitur yang dimilikinya cukup lengkap. Aplikasi ini bisa merancang desain, mendekor, hingga mengatur perabot secara virtual. Sesuai dengan namanya, Home Design 3D Anuman ini memiliki tampilan 3 dimensi, membuat rumah hunian terlihat nyata.

Home Design 3D Anuman

Anda pun bisa membagikan hasil desain ke platform atau perangkat lainnya dengan mudah melalui aplikasi ini. Menariknya lagi, Anda dapat mengoperasikan aplikasi keren ini dalam keadaan offline, jadi tidak terlalu bergantung pada jaringan.

Anda bisa download aplikasi home design 3d pada link di bawah.
Android
Home Design 3D Anuman

2. Houzz Interior Design Ideas

Houzz Interior Design Ideas juga merupakan aplikasi gambar denah rumah yang tak kalah populer dengan Home Design 3D. Dari aplikasi ini, Anda akan mendapat banyak inspirasi desain interior rumah idaman. Nah, contoh desain tersebut tentu dapat dikembangkan sesuai keinginan Anda.

Houzz Interior Design Ideas

Tak hanya itu, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah Anda bisa mendapat nasihat sekaligus bertukar pikiran dengan para ahli secara virtual. Menarik bukan? Selain itu, terdapat fitur keren yakni View My Room yang bisa memberi gambaran hasil desain rumah Anda.

Anda bisa Download aplikasi Houzz Interior Design Ideas di bawah:
Android Houzz Interior Design Ideas

3. Planner 5D-Home and Interior Design Creator

Aplikasi yang satu ini sangat direkomendasikan untuk orang awam atau desainer pemula, karena mudah digunakan. Maksud dari nama Planner 5D sendiri adalah memiliki beragam fitur baik 2D maupun 3D. Anda bisa mendesain eksterior hingga interior rumah menggunakan aplikasi ini.

Planner 5D Home and Interior Design Creator

Terdapat pula sumber inspirasi desain berupa katalog pada aplikasi Planner 5D-Home and Interior Design Creator yang bisa dilihat secara online ataupun offline. Dengan bantuan aplikasi menarik ini, Anda dapat berkreasi tanpa batas dalam menciptakan rumah idaman. Tampilannya pun cukup realistik, membuat tiap penggunanya merasa puas.

Anda bisa Download aplikasi gambar denah rumah Planner 5D-Home and Interior Design Creator di bawah:
Android Planner 5D-Home and Interior Design Creator

4. Floor Plan Creator

Jika mencari aplikasi yang bisa menghitung secara presisi desain ruangan, maka Floor Plan Creator adalah pilihan yang tepat. Sensasi professional dan realistis bisa Anda dapat dengan menggunakan aplikasi ini.

Floor Plan Creator

Fitur keren dan menarik banyak tersedia di Floor Plan Creator, seperti fitur merancang rumah bertingkat dan view ala tour virtual. Anda pun akan dimudahkan dengan adanya simbol-simbol untuk mendesain, sehingga rumah idaman pun makin mudah diwujudkan bukan?

Anda bisa Download aplikasi gambar denah rumah Floor plan Creator di bawah:
Android Floor Plan Creator

5. Magicplan

Aplikasi gambar denah rumah recommended berikutnya adalah Magicplan. Magicplan menggunakan metode scan dengan kamera yang kemudian bisa ditata dengan mudah di aplikasi ini. Pengguna pun bisa menyimpan hasil scan atau desain ke dalam bentuk pdf, jpg, png, atau csv.

Magicplan

Tak berhenti sampai disitu, Anda bahkan bisa dengan mudah menambahkan lebih dari 1000 item ke dalam rencana ruang. Kerennya lagi, aplikasi Magicplan sudah kompatibel dengan AutoCAD, Chief Architect, serta Excel. Tak heran jika banyak digunakan oleh pemula hingga professional.

Anda bisa Download aplikasi gambar denah rumah Magicplan di bawah:
Android Magicplan

6. Pinterest

Sudah tidak asing lagi bukan dengan aplikasi yang satu ini? Pinterest memang sangat populer, karena menampilkan banyak desain yang menginspirasi. Desain ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi, hingga teras dan taman bisa Anda temukan di aplikasi ini.

Pinterest

Selain itu, pengguna dapat membuat imageboard sendiri dan membagikan desain hasil temuan dengan pengguna lainnya. Menarik bukan?
Download Pinterest di sini.

7. SketchUp

SketchUp adalah salah satu aplikasi desain rumah untuk PC yang bisa dioperasikan dengan mudah. Fitur yang tersedia cukup beragam, sehingga desain rumah idaman Anda bisa dirancang dengan cepat menggunakan aplikasi keren ini.

Apakah aplikasi ini tidak bisa dipasang pada smartphone? Untuk smartphone, Anda hanya bisa memasang Mobile Sketch Up Viewer, yakni aplikasi Sketch Up untuk sekedar melihat hasil desain yang diedit dari PC. Sayang sekali, pengguna tidak bisa melakukan pengeditan dari smartphone, sehingga kurang fleksibel.

8. HomeStyler-Interior Design & Decorating Ideas

Aplikasi gambar denah rumah selanjutnya yakni HomeStyler yang sudah diunduh dan digunakan oleh jutaan orang. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda bisa memvisualisasi dekorasi hingga furniture pada calon rumah hunian Anda sebelum membeli dekorasi dan furniture tersebut.

Jangan khawatir, aplikasi ini tidak berbayar, bisa dinikmati secara gratis, namun kualitasnya sangat apik. Cara penggunaannya pun sangat mudah, cocok bagi pemula.
Anda bisa download aplikasi homestyler dari playstore di sini.

9. Smartdraw

Selain HomeStyler, Anda bisa gunakan aplikasi Smartdraw untuk merancang desain rumah idaman. Fitur yang tersedia cukup lengkap, banyak elemen yang bisa digunakan untuk mendesain tiap ruangan.

Aplikasi Smartdraw juga lebih mudah dioperasikan menggunakan komputer atau laptop. Dari PC tersebut, pastinya Anda bisa mendesain secara detail dan presisi. Pengguna bisa membuat denah rumah dan diagram dengan bantuan aplikasi kece ini.

10. Aplikasi Design Home

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah Design Home. Aplikasi ini menghadirkan koleksi desain terbaik yang mungkin bisa menjadi inspirasi rumah hunian Anda. Bagi Anda yang ingin membangun rumah mewah, aplikasi Design Home ini sangat cocok, karena memang dikhususkan untuk mendesain rumah mewah.

Jangan khawatir, ukuran aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan, sehingga bisa merancang desain rumah dengan cepat. Bahkan pengguna bisa menata furniture mewah secara virtual sebelum membeli furniture tersebut melalui aplikasi ini. Anda bisa download aplikasi ini di sini.

11. Aplikasi Room Planner

Nah, aplikasi yang satu ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh IKEA, perusahaan furniture ternama. Fitur yang dimilikinya memang tidak selengkap aplikasi gambar denah rumah lainnya, namun Anda dapat mendesain interior ruang secara detail.

Tampilan aplikasi Room Planner juga cukup ramah, mudah digunakan baik melalui PC ataupun smartphone. Nah, furniture atau perabot yang bisa divisualisasikan pada aplikasi ini adalah produk-produk dari IKEA.
Anda bisa download aplikasi gambar denah rumah room planer di sini.

12. House Plan Design

Jika ingin aplikasi gratis yang mampu merancang desain rumah dengan detail, maka House Plan Design adalah pilihan yang tepat. Bahkan pemula atau orang awam di bidang arsitektur pun bisa mendesain rumah dengan mudah melalui aplikasi yang satu ini.

Terdapat puluhan template desain rumah di aplikasi ini yang kemudian bisa Anda modifikasi sesuai selera Anda. Dengan menginstall House Plan Design di smartphone kesayangan, maka Anda bisa merancang desain kapanpun dan dimanapun bukan?
Anda bisa mendownload aplikasi House Plan Design di sini.

Cukup banyak bukan aplikasi gambar denah rumah yang recommended? Beberapa aplikasi tersebut bahkan sangat cocok bagi pemula, karena pengoperasiannya mudah. Dengan adanya aplikasi tersebut, pastinya biaya pengeluaran Anda berkurang bukan? Tanpa membayar arsitek untuk merancang desain rumah. Selain itu, Anda lebih leluasa mengatur rumah hunian sesuai selera pribadi. Baca juga artikel tentang model atap miring dan tarif pasang baru listrik di e tabloid kreasi rumah.