Besi Hollow: Berikut Detail Yang Harus Anda Ketahui?!!

Besi hollow saat ini merupakan salah satu material besi yang paling umum digunakan terutama untuk membangun konstruksi rumah. Biasanya, besi holo adalah material yang digunakan untuk membuat plafon rumah, railing, pagar dan berbagai kebutuhan terkait lainnya.  Diberi nama besi holo karena diambil dari bentuk karakter besinya yang termasuk jenis besi batangan dan berongga. “Hollow” sendiri adalah kata dalam bahasa Inggris yang artinya adalah rongga. Selain itu, karena bentuknya yang segi empat besi holo juga kerap disebut Pipa Kotak atau Besi Kotak. Besi holo mempunyai ciri khas tersendiri sehingga hanya dengan melihat gambar besi hollow saja, orang akan segera mengenali jenis besi yang satu ini.

Penggunaan Hollow Besi

Penggunaan besi holo kini tidak lagi hanya untuk konstruksi industri, namun juga menyebar pada segala macam konstruksi lainnya, termasuk juga pada bangunan seperti rumah hunian. Besi jenis ini memiliki nama asli besi HSS atau Hollow Structural Section. Tapi tidak sedikit orang yang salah menyebutkan kepanjangan HSS sebagai Hollow Structural Steel.

Besi holo yang masih termasuk jenis besi HSS ini penampangnya tidak hanya mempunyai bentuk segi empat. Terutama jika yang dibilang besi holo hanyalah besi holo berukuran 4×4, yang mana merupakan besi holo berbentuk bujur sangkar dengan ukuran penampang diameter 4 cm x 4 cm.

Penggunaan Besi Hollow

Beberapa jenis Besi Holo

Yang perlu dipahami adalah bahwa penampang besi holo tidak hanya memiliki satu bentuk yaitu segi empat berdiameter 4×4. Akan tetapi, bentuk dari penampang besi holo ada berbagai macam ragam bentuk, salah satu di antaranya ialah bentuk lingkaran, persegi panjang dan juga elips. Bisa disimpulkan bahwa besi holo mempunyai banyak jenis dan dibedakan berdasarkan bahan pembuatan serta bentuknya. Berikut adalah beberapa di antaranya ;

  1. Besi Hollow Galvanis
  2. Besi Hollow Galvalum
  3. Besi Hollow Gypsum
  4. Besi Hollow Hitam

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai masing-masing jenis hollow besi :

1. Besi Hollow Galvanis

Harga besi hollow galvanis tidak selalu sama, tergantung dari lapisan coating yang akan digunakan. Lapisan coating sangat berpengaruh terhadap kekuatan besi holo pada karat serta daya tahannya saat terjadi perubahan cuaca.

Komposisi yang terkandung dalam besi hollow jenis galvanis yaitu 1% aluminium, 97&% zinc. Sementara 2% yang lain yaitu bahan pendukung yang membuat besi ini lebih tahan lama dan kokoh.

Meski begitu, di pasaran sudah banyak beredar sejumlah produk besi galvanis yang komposisinya 98% zinc dan aluminium sebanyak 2%. Besi hollow galvanis dibentuk dengan lapisan coating kuat dan sudah melalui proses galvanisasi. Tujuannya adalah untuk melapisi besi ini dengan anti karat.

Biasanya, Anda bisa menemui besi holo galvanis di pasaran dengan ukuran 0,3 cm sampai 0,5 cm. Material besi hollow galvanis umumnya digunakan untuk membuat pagar rumah.

2. Besi Hollow Galvalum

Dibandingkan jenis besi holo yang lain, besi hollow galvalum mempunyai harga yang lebih tinggi karena cenderung lebih kuat dan tahan terhadap karat dan korosi.

Berbeda dengan besi hollow galvanis, kandungan yang ada dalam besi holo galvalum biasanya digunakan untuk rangka plafon. Ini sama dengan kandungan yang ada dalam besi baja ringan profil C yaitu 43,5% unsur besi, 55% unsur aluminium, dan sisa 1.5% nya lapisan silikon.

Ketika mengaplikasikan besi hollow galvalum ini penting untuk hati-hati dan teliti, karena besi jenis ini sangat mudah keropos apabila bersentuhan secara langsung dengan semen. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak salah dalam menggunakan besi ini.

3. Besi Hollow Gypsum

Untuk membuat plafon di gedung maupun rumah hunian, besi holo gypsum merupakan salah satu material besi yang paling sering digunakan. Ini karena besi hollow gypsum mempunyai kelebihan yaitu tahan lama dan kokoh sehingga orang-orang banyak menggunakan besi jenis ini.

Besi hollow galvalum tentu memiliki banyak kelebihan apabila dibandingkan dengan kayu. Sifatnya yang tahan lama, kokoh dan ringan serta mempunyai harga yang lebih murah membuatnya lebih banyak digunakan. Terutama karena besi juga lebih aman dari serangan rayap.

Bahan dasarnya sendiri terbuat dari meni dan stainless. Umumnya, lapisan cat yang digunakan pada besi hollow gypsum berwarna merah atau hijau.

Ukuran besi hollow ini juga bermacam-macam. Mulai ukuran 0,3 mm sampai 0,4 mm. Nah, dibandingkan dengan jenis besi holo lainnya, besi hollow gypsum inilah yang mempunyai harga paling murah.

4. Besi Hollow Hitam

Besi holo dengan jenis ini termasuk salah satu jenis besi untuk konstruksi. Panjangnya telah memiliki standar sendiri dengan panjang lebih dibandingkan besi jenis yang sama pada umumnya. Berdasarkan jenisnya, hollow hitam paling cocok apabila digunakan untuk pekerjaan konstruksi seperti jembatan, pembatas jalanan, gudang dan sejenisnya.  Hollow hitam juga salah satu jenis yang sering kali digunakan sebagai material besi estetika. Misalnya seperti benda interior yang ringan atau juga lapisan saluran aliran gas.

Ukuran standar dan tidak bisa dirubah yang dimilikinya membuat jenis besi holo hitam ini tidak memiliki jenis rangka yang dapat dipilih seperti jenis hollow lainnya. Biasanya, ukuran standar hollow hitam adalah 6 meter, dan yang paling pendek sepanjang 4 meter setiap batangnya dan dibuat dari baja warna hitam. Untuk setiap ukuran tentu dibanderol dengan harga yang berbeda beda.

Perbedaan Besi Hollow Galvanis dan Hitam

  • Bahan Pembentuk

Jenis galvanis mempunyai lapisan khusus yang ada di dalamnya, yang biasa disebut zinc, aluminium, dan berbagai zat kimia yang lain. Sedangkan hollow hitam kandungan zat kimianya tidak sebanyak itu, bahan pembentuknya hanyalah baja hitam. Bahan pembentuk ini memiliki kontribusi besar akan daya tahan dari besi holo.

  • Ketahanan Keduanya Pada Karat

Besi galvanis dan hitam mempunyai perbedaan yang cukup jelas dalam ketahanan masing-masing pada karat dan keropos. Dibandingkan hitam, besi galvanis masih lebih kuat dan tahan pada karat. Ini juga tidak lepas dari faktor kandungan zinc yang ada di dalamnya, yang mana tidak dimiliki besi hollow hitam. Apalagi biasanya besi hollow galvanis dilapisi cairan anti karat yang menambah keawetan dan kekuatannya.

  • Penggunaan

Perbedaan ketahanan dari karat yang berbeda diantara dua jenis besi ini membuat keduanya memiliki kegunaan yang berbeda.  Mereka yang akan membuat saluran di bawah tanah lebih baik memaksimalkan penggunaan hollow hitam. Hal ini disebabkan gas yang ditimbulkantidak berisiko terpapar oleh karat.

Kelebihan Besi Hollow

Jika Anda masih ragu-ragu dan penuh pertimbangan untuk menggunakan hollow besi, simaklah sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh jenis besi ini

  • Pengaplikasian Yang Mudah

Karena dijual dalam bentuk batangan, maka besi ini bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Pembeliannya bisa dihitung berdasarkan ketebalan dan ukuran penampang.

  • Mempunyai Daya Tahan Kuat

Lapisan anti karat yang ada pada hollow besi membuatnya memiliki daya tahan yang baik dan juga kuat. Ketahanan besi holo kan korosi, karat bahkan rayap sekalipun membuatnya bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

  • Anti Rayap

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa besi holo ini anti rayap. Jika menggunakan material kayu terlebih yang kualitasnya masih dibawah standar, serangan rayap bisa menjadi ancaman. Karena itu, daripada menggunakan kayu yang kurang berkualitas, akan lebih baik jika menggunakan besi holo. Kayu memang lebih murah, tapi kurang aman.

  • Harga yang Ekonomis

Siapa bilang besi holo itu mahal? 4 jenis besi holo yang tadi sudah dijelaskan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sesuai dengan budget. Dari keempat jenis besi tersebut semua masih lebih murah dibanding jika Anda memilih material kayu kualitas terbaik sekalipun.

Besi Hollow

Setelah mengetahui kelebihan yang dimiliki besi holo, Anda juga perlu mengetahui kekurangan yang ada pada material ini agar bisa menjadi pertimbangan juga. Salah satu kekurangan yang sangat signifikan dari jenis besi ini adalah daya tahan dalam menahan beban yang cukup berat.

Namun demikian jenis besi ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal apabila dibandingkan dengan harga baja yang ringan. Akan tetapi, tentu saja harga besi hollow sebanding dengan kualitas yang dimilikinya. Tidak bisa bersentuhan dengan semen secara langsung karena bisa mengalami korosi dan keropos.

Ukuran Besi Hollow

Ada berbagai macam ukuran besi hollow untuk rangka atap yang tersedia. Dan untuk setiap ukuran ini fungsinya pun berbeda-beda. Untuk itu, perhatikan penjelasan berikut ini agar lebih memahami secara detail mengenai fungsi besi holo berdasarkan ukurannya.

  • Ukuran Besi Hollow Untuk Railing

Railing yang umum kita jumpai ada 2 jenis, yakni railing pagar dan railing tangga. Kedua railing ini dibuat dengan menggunakan besi holo dengan ketebalan yang baik. Kita sering menemui dua tipe railing. Tipe tersebut adalah railing tangga dan yang kedua adalah railing pagar. Keduanya itu dibuat dengan memakai hollow besi dengan ketebalan yang mumpuni. Untuk itulah besi hollow galvanis lebih disarankan untuk dipilih saat hendak membuat railing pagar dan tangga.

  • Besi Hollow Railing Tangga

Ada dua pilihan apabila Anda ingin membuat railing tangga. Apabila model tangga yang ingin dibuat adalah tangga minimalis atau tangga spiral yang tidak panjang atau terlalu curam, Anda bisa menggunakan besi holo dengan ukuran 4×4. Untuk besi yang digunakan sebagai pegangan atau handle tangga dan tiang penyangga bisa menggunakan besi holo dengan ukuran 1,2 mm. Sedangkan jari-jarinya menggunakan besi dengan ukuran 2×4 cm dan ketebalan 1,2 mm.

  • Besi Hollow Railing Pagar

Railing pagar hollow untuk rumah yang minimalis dengan ukuran standar dan tidak terlalu besar bisa dengan menggunakan hollow besi berukuran 4×4, ketebalan 1,6 mm. Kemudian untuk jari-jari railing pagarnya bisa dengan memakai besi berukuran 2×4 yang ketebalannya 1,2 mm. Akan tetapi, untuk rumah hunian yang berukuran besar ada baiknya untuk memakai besi dengan ukuran yang lebih besar juga yaitu 5×10 dan ketebalan besi holo 1,6 mm. Untuk jari-jari railnya bisa memakai besi ukuran 4×4 dan ketebalan 1,2 mm.

Ukuran Besi Hollow untuk Beragam Fungsi

  • Besi Hollow untuk Rangka Plafon

Tidak sedikit juga yang menggunakan hollow besi ketika akan membuat rangka utama sebuah plafon. Biasanya orang-orang akan memilih besi dengan ukuran 4×4. hollow Besi 4×4 merupakan sebutan untuk hollow besi yang ukuran panjang dan lebar penampangnya sebesar 40 mm x 40 mm. Untuk jenis hollow besi yang disarankan adalah besi hollow galvalum. Namun jika material besi digunakan sebagai penopang plafon gypsum bisa menggunakan besi holo yang berukuran 20 mm x 40 mm. Dari sekian macam macam ukuran besi hollow, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Besi Holo untuk Furniture

Tidak hanya sebagai rangka, hollow besi sekarang ini juga sering digunakan untuk bahan dasar ketika membuat furnitur rumah. Terlebih bagi mereka yang menyukai konsep arsitektur industrial yang mengutamakan furnitur dengan konsep warna monokrom. Adapun berbagai macam furnitur yang terbuat dari material hollow besi adalah meja, lemari dapur, rak piring, meja TV dan juga partisi ruangan.

Apabila Anda hendak membuat furnitur yang mengadopsi konsep industrial berukuran besar, Anda dapat menggunakan besi holo dengan ukuran 3,6 x 3,6. Ketebalan yang diperlukan adalah 1,2 mm hingga 1,6 mm.

Daftar Harga Hollow

UkuranPanjangHarga
20x40x 0,3 mm4 MeterRp 13.000
32x32x 0,25 mm4 MeterRp 19.500
17x35x0,25 mm4 MeterRp 18.500
35x35x0,3 mm4 MeterRp 23.500
16x32x0,25 mm4 MeterRp 15.500
20x20x1,5 mm6 MeterRp 71.000
30x15x1,5 mm6 MeterRp 81.000
30x30x1,5 mm6 MeterRp 112.000
30x30x1,7 mm6 MeterRp 144.000
40x20x1,5 mm6 MeterRp 112.000
40x20x1,7 mm6 MeterRp 144.000
40x40x1,7 mm6 MeterRp 198.000
40×40 x2,7 mm6 MeterRp 252.000
50x50x1,7 mm6 MeterRp 264.000
50x50x 2,7 mm6 MeterRp 272.000
60 x30x 1,5 mm6 MeterRp 225.000
60 x30x1,7 mm6 MeterRp 252.000
60 x40x1,7 mm6 MeterRp 266.000
75x75x2,7 mm6 MeterRp 292.000

Berat Besi Hollow

Besi holo diperjualbelikan berdasarkan beratnya karena dibuat dari logam. Yang mempengaruhi beratnya adalah sisi lebar, sisi panjang dan juga ketebalan besi holo. Untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menghitung berat besi hollow, simak penjelasan ini.

Berikut adalah rumus yang dipakai jika hendak menghitung berat besi hollow.

Berat pada dihitung dengan rumus Sisi A + Sisi B x 2 x panjang x tebal x berat jenis besi

Contoh : menghitung berat besi holo dengan ukuran 20x40x1.2mm

Sisi A yaitu 20 mm

Sisi B yaitu 40 mm

Ketebalan yaitu 1.2 mm

Panjang yaitu 6000 mm

Berat jenis besi = 7.85Kg/1.000.000 mm3

Dengan rumus seperti diatas berarti:

= 20+40 x 2 x 6000 x 1,2 x 7,85 kilogram/1,000,000 mm3 dengan hasil 6.78 Kilogram

Kesimpulannya, 1 besi holo dengan ukuran 20x40x1.2 mm yang panjangnya 6 meter mempunyai berat sebesar 6.78 kilogram. Tetapi sudah tentu berat dari hollow yang umum dijual pada pasaran, tak tepat terus-terusan, terkadang kurang akurat, hitungannya disebabkan kemungkinan dari toleransi ukuran, misalnya toleransi ketebalan. Walau begitu, cara menghitung hollow ini dapat menjadi acuan ketika hendak membeli hollow besi untuk mengetahui apakah kualitasnya baik ataukah tidak.

Cara Menyambung Besi Hollow

Dalam praktiknya, besi holo bisa disambung melalui beberapa cara, di antaranya adalah menggunakan mesin las dan sambungan mekanik. Penjelasan lebih detailnya akan diulas di bawah ini.

  • Memakai Mesin Las

Apabila tebal material lebih dari 1 mm akan lebih baik jika memakai sambungan las, karena mengelas adalah cara menyambung yang paling kuat jika dibandingkan dengan cara menyambung mekanik yang lainnya. Akan tetapi jangan sampai arusnya terlalu besar.

  • Memakai Sambungan Mekanik

Ketika memakai jenis sambungan ini, Anda juga bisa menggunakan sekrup baut yang ada pada karet di bagian kepala baut. Fungsinya adalah sebagai penahan agar air tidak masuk. Cara menggunakannya mudah saja, langsung masukkan sekrup ke dalam bagian mesin bor yang sudah diganti oleh tempat baut. Kemudian, arahkan pada besi yang mau disambung lalu tekan tombol untuk memutar baut.

Fungsi Besi Hollow

Banyak sekali kegunaan yang bisa kita terapkan untuk memaksimalkan fungsi besi hollow diantaranya digunakan sebagai berikut:

  • Konstruksi Rangka Gypsum

Fungsi papan gypsum ada bermacam-macam. Selain material partisi ruangan, papan gypsum pun bisa digunakan sebagai atap plafon. Bahkan papan ini masih termasuk salah satu material terbaik jika ingin membuat atap plafon. Nah, agar plafon bisa kokoh dan tahan lama, butuh konstruksi yang mumpuni untuk mendukung kualitas dari papan gypsum tersebut.

Solusinya adalah menggunakan besi holo sebagai rangka untuk menopang papan gypsum. Penopang butuh baut sekrup yang ditancap pada papan sehingga menyatu dengan besi holo. Karena itu, lebih disarankan untuk menggunakan jenis besi hollow galvalume. Karena besi holo ini ringan dan juga kuat dalam mengunci, serta mempunyai lapisan anti karat paling baik jika dibandingkan dengan jenis besi holo yang lainnya.

  • Konstruksi Kanopi Sederhana

Bicara soal rangka atap kanopi, terdapat beberapa jenis besi holo yang cocok untuk diaplikasikan jika ingin membuat kanopi teras rumah, kanopi garasi mobil maupun kanopi taman. Diperlukan spesifikasi besi holo yang bisa bertahan dalam segala macam kondisi jika ingin mengaplikasikannya.

Adapun jenis-jenis besi holo yang bisa digunakan adalah besi holo hitam atau baja tebal, besi hollow galvanis dan juga besi hollow galvalum. Apabila Anda memilih jenis besi holo galvanis, pilihlah yang penampang hollownya berukuran 50×100 mm dan minimal ketebalannya yaitu 1,6 mm.

Alasan mengapa harus memilih hollow besi yang tebal adalah karena lapisan pada besi holo galvanis merupakan lapisan paling rendah jika dibandingkan dengan kedua besi holo lainnya. Namun bila Anda perlu besi yang paling kokoh maka disarankan untuk memakai hollow hitam. Meski perlu Anda ketahui bahwa harga hollow hitam ini paling mahal daripada yang lain.

Banyak orang yang ingin pagar rumahnya kokoh, namun tidak menggunakan material biasanya seperti batu bata, pasir dan semen. Untuk itu, sebagai ganti dari material tersebut bisa juga dengan menggunakan material kayu dan besi holo yang dikombinasikan. Agar pagar kokoh ini dapat terbentuk sempurna, dibutuhkan hollow besi baja atau galvanis yang ragam ketebalannya terbilang jauh lebih banyak dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, masih ada opsi kedua yaitu kombinasi antara material hollow besi dan batu bronjong.

Penggunaan Lain Besi Holo

Ketika ingin membuat railing tangga beserta pegangan, penyangga serta jari-jari pembatasnya, besi holo juga bisa digunakan. Kemudian untuk membuat jari-jarinya Anda bisa mengkombinasikan besi holo dengan beberapa material lainnya seperti kayu, plat besi lubang, jeruji kawat dan berbagai material sejenis lainnya.

Ragam furnitur dengan hollow besi juga semakin disukai. Tidak hanya sebagai rangka bangunan, besi holo pun bisa dipakai untuk membuat furnitur modern yang keren. Biasanya rumah ataupun bangunan yang konsepnya industrial sudah menggunakan furniture yang mengekspos penggunaan kayu dan besi. Jenis besi yang pas untuk membuat furnitur bangunan dengan gaya industrial adalah jenis besi holo.

Tabel Berat Jenis Besi Holo

Di bawah ini merupakan penjelasan terkait besi holo menurut ukuran panjang penampang x lebar penampang x tebal penampang x panjang besi holo berdasarkan ukuran millimeter. Sedangkan pada sebelah kanan adalah detail berat jenis menggunakan ukuran kilo gram.

Ukuran Hollow Berat Jenis
40 x 40 x 2 mm x 6 m 14,45 Kilogram
40 x 40 x 2,3 mm x 6 m 16,60 Kilogram
50 x 50 x 2 mm x 6 m 18,21 Kilogram
50 x 50 x 2,3 mm x 6 m 20,94 Kilogram
50 x 50 x 2,5 mm x 6 m 22,77 Kilogram
50 x 50 x 2,7 mm x 6 m25 Kilogram
50 x 50 x 2,8 mm x 6 m25,50 Kilogram
50 x 50 x 3 mm x 6 m27,32 Kilogram
60 x 60 x 2 mm x 6 m22 Kilogram
60 x 6 x 2,3 mm x 6 m25,26 Kilogram
60 x 60 x 2,5 mm x 6 m27,50 Kilogram
60 x 60 x 2,8 mm x 6 m30,77 Kilogram
60 x 60 x 3 mm x 6 m33 Kilogram
60 x 60 x 3,2 mm x 6 m35,17 Kilogram
75 x 75 x 2 mm x 6 m27,63 Kilogram
75 x 75 x 2,3 mm x 6 m32 Kilogram
75 x 75 x 2,5 mm x 6 m34,53 Kilogram
75 x 75 x 3,2 mm x 6 m44,19 Kilogram
100 x 100 x 3,2 mm x 6 m59,28 Kilogram
100 x 100 x 4,5 mm x 6 m83,37 Kilogram
125 x 125 x 3,2 mmx 6 m74,36 Kilogram
125 x 125 x 4,5 mm x 6 m104,56 Kilogram
150 x 150 x 4,5 mm x 6 m125,76 Kilogram
150 x 150 x 5 mm x 6 m139,73 Kilogram

Tips Saat Hendak Membeli Hollow Besi

Jangan remehkan proses pembelian besi holo. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli besi jenis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Terlebih dalam hal jenis atau dalam hal ukuran.  Tips-tips penting yang dapat menjadi referensi untuk membeli besi holo adalah dengan memilih jenis besi sesuai fungsi yang akan Anda pergunakan.  Belilah sesuatu berdasarkan fungsi dan kebutuhan Anda masing-masing, begitu juga dengan besi holo . Jangan sampai Anda hanya tergiur harga yang lebih murah tapi fungsinya tidak cocok dengan kebutuhan Anda.

Salah satu faktor yang tak kalah penting adalah dengan memperhatikan harga serta produk.  Yang harus Anda perhatikan berikutnya sebelum membeli besi holo adalah pemilihan produk. Alangkah baiknya jika memilih jenis produk yang lebih dikenal banyak orang dan harganya masih kompetitif. Apabila Anda menemukan beberapa merk besi, disarankan untuk membandingkan lebih dulu harga antar produk. Kalau ternyata harga besi holo dan besi lainnya berbeda tipis, pilihlah yang harganya lebih mahal.

Harga seharusnya tidak menjadi masalah bagi pengguna besi holo. Hal ini karena besi memiliki peran sangat penting dalam menunjang struktur bangunan. Jika tidak, maka nantinya konstruksi keseluruhan akan terganggu. Lebih baik mengeluarkan uang lebih besar untuk kualitas terbaik dan anti  gagal, daripada menghemat anggaran dalam pembelian besi. Pasalnya, pengguna akan menyesal saat terjadi kerusakan struktur. Mereka akan mengeluarkan anggaran yang lebih besar untuk perbaikan serta pembelian besi lagi untuk kedua kalinya. 

Bijaksana dalam memilih besi sangat penting. Untuk itulah, perlu selektif dalam memilih jenis besi. Selain itu, perhatikan pula penyedia besi holo yang dapat dipercaya. Biasanya, penyedia hollow besi akan memberikan penjelasan detail untuk ukuran dan harga. Transparansi harga serta kemudahan pembayaran harus menjadi prioritas utama dari penyedia produk. Tidak hanya itu, keamanan metode pembayaran juga harus menjadi perhatian. Dengan demikian, pembeli dapat mengandalkan kualitas besi yang terjamin tahan lama.