Cara Melubangi Tembok Tanpa Bor Untuk Pemasangan Fisher

Bagi Anda yang tidak memiliki bor, ternyata ada cara melubangi tembok tanpa bor yang mudah untuk dilakukan. Ketika Anda tidak memiliki bor untuk melubangi tembok, maka Anda bisa menggunakan alat yang lain seperti palu dan obeng. Biasanya tembok perlu dilubangi untuk menggantungkan barang-barang, baik yang ringan maupun berat.

Mungkin Anda hanya perlu paku beton saja untuk menggantungkan barang-barang yang ringan seperti pigura. Namun nyatanya Anda tetap memerlukan alat yang bernama fisher untuk menggantungkan barang yang lebih berat, contohnya saja adalah TV.

Fisher juga sering disebut sebagai angkur dinding atau anchor wall karena cara kerjanya yang dinilai mirip seperti jangkar. Setelah sekrup berhasil dimasukkan, jangkar yang terbentuk dari fisher ini akan mencengkram bagian dalam dinding. Sehingga sekrup tidak akan mudah goyang dan lebih stabil karena adanya fisher tersebut.

Cara Melubangi Tembok Tanpa Bor Untuk Pemasangan Fisher

Inilah Tips dan Cara Melubangi Tembok Tanpa Bor Untuk Memasang Fisher

Ada terdapat beberapa cara untuk melakukan pemasangan fisher di bagian dinding rumah. Namun ada hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan fisher, yaitu mengukur berat barang yang akan digantung agar lebih presisi. Satu buah fisher sendiri umumnya bisa menopang berat beban mulai dari 5 kg sampai dengan 15 kg.

Setelah melakukan pengukuran barang, selanjutnya Anda sudah dapat memulai pemasangan fisher tanpa bor. Anda bisa menggunakan obeng, paku beton, dan palu untuk melubangi tembok dan memasang fisher. Tentukan lokasi tembok terlebih dahulu di mana barang Anda akan dipasang.

Tandai bagian dinding tembok yang akan dilubangi untuk dipasangi fisher, setelah Anda menentukan lokasinya. Gunakan spidol atau pensil untuk menandai lokasi dinding tersebut. Jika Anda ingin memasang fisher lebih dari satu, maka tentukan terlebih dahulu jarak antara satu fisher dengan fisher yang lainnya.

Anda disarankan untuk menggunakan paku beton yang memiliki ukuran yang sama atau hampir mendekati ukuran fisher yang digunakan. Nantinya paku beton tersebut digunakan untuk membuat lubang kecil di bagian dinding yang sudah ditandai sebelumnya.

Ujung fisher yang akan dimasukkan ke dalam tembok nantinya bisa ditahan dengan lubang kecil tersebut. Gunakan obeng untuk memutar fisher dengan arah seperti jarum jam bergerak. Agar fisher dapat benar-benar masuk ke dalam lubang, pastikan Anda memberikan tekanan yang cukup saat memasukkannya ke dalam tembok.

Untuk lebih memastikan semua badan fisher sudah masuk semua ke dalam dinding, Anda bisa menggunakan palu dengan semaksimal mungkin.

Cara Menghitung Berat Beban Yang Ingin Dipasang

Fisher atau angkur dinding sering dipilih banyak orang untuk menggantung bermacam-macam benda di dinding beton rumah. Namun, Anda perlu menghitung beban yang akan ditahan oleh angkur dinding terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan angkur dinding.

Angkur dinding atau fisher pada umumnya bisa menampung dan menahan beban barang mulai dari 5 kg sampai 15 kg. Terdapat berbagai macam ukuran angkur dinding yang mana dapat memenuhi beragam kebutuhan banyak orang. Huruf S dan diikuti oleh angka adalah tanda ukuran sebuah angkur dinding.

Contohnya adalah S6 – S10, yang mana huruf S tersebut menunjukkan ukuran diameter dan saran diameter lubang yang perlu dibuat. Ukuran S6 umumnya memerlukan 6 milimeter untuk ukuran diameter lubang dinding, sehingga diperlukan ukuran bor sebesar 6 milimeter untuk pengeborannya.

Tahapan Memasang Fisher atau Angkur Dinding

Berikut ini tahapan untuk melakukan pemasangan fisher di dinding tembok rumah, yaitu:

  • Menentukan lokasi dinding yang akan dipasangi fisher atau angkur dinding.
  • Sebelum dilakukan pengeboran atau pelubangan, tutup dengan lakban agar tembok tidak retak atau gupil aciannya.
  • Pilih mata bor yang memiliki diameter sesuai ukuran angkur dinding.
  • Sesuaikan kedalaman bor dengan ukuran panjangnya.
  • Agar daya cengkeram angkur dinding tidak berkurang, maka pastikan ukuran lubang sama dengan diameter angkur dinding.
  • Untuk mengetahui jumlah fisher yang dibutuhkan, maka hitung beban dengan membaginya per 8 kg. Contohnya jika berat beban sebesar 18, maka diperlukan 2 buah angkur.
  • Gunakan waterpass agar saat barang dipasang dapat seimbang atau presisi.

Jenis dan Tipe Fisher atau Angkur Dinding Yang Terdapat di Pasaran

Ada beberapa jenis fisher atau angkur dinding yang bisa dijumpai di pasaran. Masing-masing angkur dinding tersebut mempunyai bentuk, cara kerja, dan fungsi yang berbeda-beda. Sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan Anda, berikut ini penjelasan mengenai berbagai macam angkur dinding yang ada.

  • Fisher Zykon

Karena bentuk penguncian yang dimiliki oleh angkur dinding yang satu ini, sehingga banyak yang mengklaim angkur dinding ini bisa memberikan keamanan yang lebih baik. Fisher ini biasanya digunakan untuk keperluan-keperluan seperti hanging struktur baja, konstruksi baja, tangga, pagar, pintu, fasad, dan berbagai keperluan lainnya.

  • Fisher FH

Dengan mekanisme penguncian yang khas, fisher ini dapat menampung dan menahan beban barang yang cukup berat. Umumnya fisher ini dapat digunakan untuk keperluan pemasangan tangga, pagar, konstruksi baja, dan keperluan lainnya.

  • Fisher Bolt II

Dibandingkan dengan para pendahulunya, angkur dinding ini memiliki klaim yang bisa menopang beban hingga 40%. Ada berbagai macam ukuran fisher ini yang dapat dipilih, mulai dari M6 hingga M20.

  • Fisher RM

Fisher yang satu ini bisa menopang beban yang cukup tinggi dan dapat dipakai pada material beton. Biasanya fisher ini juga digunakan untuk rel tangan, pagar, rak tinggi, elemen jendela, dan keperluan lainnya.

Berbagai Jenis Palu atau Martil Untuk Melubangi Dinding

Alat memaku yang paling sederhana dan hampir dimiliki oleh setiap orang adalah palu. Sebelum memulai proses pelubangan menggunakan palu, perhatikan dahulu desain dari palu Anda. Pilihlah palu yang nyaman saat Anda menggenggamnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, kini sudah banyak palu yang didesain agar nyaman digenggam, sehingga akan mengurangi rasa sakit saat melakukan pelubangan dinding. Ada beberapa jenis martil atau palu yang bisa dijumpai di pasaran, yaitu:

  • Martil bola

Martil ini memiliki fungsi agar paku yang dimasukkan dapat lebih ke dalam dinding dan bisa meluruskan batang paku.

  • Martil ungkit

Martil ungkit memiliki bagian belakang yang memiliki bentuk seperti linggis dan bisa digunakan untuk mencabut paku.

  • Martil drip

Bagian belakang dari martil ini memiliki bentuk yang agak runcing dan digunakan untuk memasukkan paku saat pengerjaan furnitur.

  • Martil kayu dan karet

Martil yang satu ini bisa digunakan untuk memaku di permukaan yang berbahan plastik.

Saat Anda memaku dinding, disarankan untuk menutup bagian yang dipaku menggunakan isolasi untuk menghindari adanya keretakan dinding. Kemudian Anda bisa melanjutkan proses pemakuan sampai masuk ke dinding menggunakan palu sampai batas ukuran yang Anda inginkan.

Itulah penjelasan mengenai cara melubangi tembok tanpa bor untuk pemasangan fisher. Semoga berbagai informasi dalam artikel ini bisa menambah ilmu baru bagi para pembaca dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya saat melubangi tembok tanpa menggunakan bor. Baca juga artikel lain dikategori listrik di e tabloid kreasi rumah, mungkin anda juga berminat membaca artikel tentang kabel rf dan biaya pasang listrik baru 1300 watt.