Wajib Tahu! Cara Memasang KWH Meter Listrik 3 Phase Mudah dan Aman!

Banyak orang yang belum tahu terkait cara memasang Kwh meter listrik 3 phase. Padahal hal ini bisa dilakukan sendiri dengan cukup mudah. Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui tips dan triknya, sehingga mereka bingung untuk memasangnya. Di kesempatan kali ini, akan membahas terkait dengan dunia kelistrikan secara singkat, khususnya pemasangan kwh meter yang sangat dibutuhkan oleh hampir setiap orang.

Cara Memasang Kwh Meter Listrik 3 Phase

Cara Memasang Kwh Meter Listrik 3 Phase Harus Aman dan Teliti

Dalam dunia kelistrikan sendiri, pemasangan panel listrik 3 phase merupakan salah satu hal yang cenderung mudah dibandingkan hal-hal lainnya dalam kelistrikan. Namun demikian, pemasangan panel listrik 3 phase yang benar dan aman bukanlah hal yang mudah.

Bagaimanapun juga, dalam hal kelistrikan, pasti ada saja sisi bahaya yang mungkin terjadi apabila dalam pemasangannya terjadi kesalahan. Sementara itu, kesalahan yang terjadi bisa saja tanpa diketahui oleh electrical, sehingga harus waspada ketika memilih cara untuk menentukan rst listrik 3 phase.  Dengan demikian, maka pemasangan dapat dilakukan dengan aman dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.  Risiko terjadinya bahaya pun lebih kecil.

Secara umum, MCB listrik 1 phase yang biasanya digunakan di berbagai rumah bisa dipahami dengan cukup mudah terkait dengan cara instalasi yang baik dan benar. Meskipun demikian, ketika dihadapkan dengan pemasangan rangkaian listrik 3 phase, pastinya akan lebih membutuhkan ketelitian yang ekstra sehingga nantinya tidak ada yang terbalik maupun tertukar antar phase. Terlagi dalam rangkaian ini terdapat ground line yang penting untuk diperhitungkan,  jadi harus lebih jeli lagi ketika menangani pemasangan listrik 3 phase ini.

Bagaimana Instalasi Panel Listrik 3 Phase?

Hal-hal terkait kelistrikan tidak banyak diketahui oleh orang-orang awam, karena hal ini cukup rumit. Apalagi perkembangan kelistrikan semakin hari semakin pesat di era modern ini karena perkembangan kelistrikan juga merupakan salah satu faktor perkembangan teknologi.

Sementara itu, teknologi erat kaitannya dengan kehidupan setiap orang, sehingga akan sulit untuk dipisahkan. Kebutuhan akan energi listrik semakin hari kian meningkat, sehingga setidaknya orang-orang awam paham mengenai hal-hal mendasar terkait kebutuhan listrik mereka. Misalnya adalah memasang panel dan Kwh listrik 3 phase.

Bagi para electrical yang ingin belajar mengenai pemasangan Kwh meter 3 phase ini, maka bisa mengetahuinya melalui tutorial ini.

Pada dasarnya, pada sistem pemasangan listrik 3 phase, ada istilah yang disebut dengan rstn. Untuk para electrical yang belum mengetahui apa itu rstn dalam sistem kelistrikan ini, maka bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Berkut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan memasang Kwh listrik 3 phase.

Instalasi Kwh meter listrik 3 phase adalah instalasi listrik yang menggunakan 4 kabel SR, yang terdiri dari 3 kabel positif dan 1 kabel negatif. Tegangan listrik yang dihasilkan adalah 380 V ac yang mampu digunakan untuk berbagai keperluan.

Umumnya, untuk listrik 3 phase, digunakan di pabrik atau rumah yang membutuhkan tegangan listrik tinggi. Misalnya untuk mengoperasikan mesin, perangkat besar, dan semacamnya. Jadi, tentunya harus lebih berhati-hati ketika melakukan pemasangan listrik 3 phase ini.

Kabel SR tersebut dilewati arus listrik negatif dan positif yang ditandai dengan warna tertentu. Untuk kabel SR negatif ditandai dengan warna hitam polos, sementara kabel SR positif memiliki kulit kabel berwarna putih halus. Dengan demikian, maka pemasangan listrik 3 phase pun akan menjadi lebih mudah.

Komponen yang Dibutuhkan dalam Memasang Kwh Meter Listrik 3 Phase

Sebelum mencoba untuk melakukan perakitan panel listrik 3 phase, maka wajib menyiapkan beberapa komponen berikut ini. Setiap komponen harus ada dan tidak boleh missing satupun.

  • Panel listrik 3 phase (satu unit)
  • MCB single phase dan MBC 3 phase (satu unit)
  • Plat konduktor (lima batang)
  • Modem pembaca meteran listrik / Kwh (satu set)
  • Kabel ukuran 16 mm kuning, merah, biru, dan hitam (siapkan secukupnya)
  • Sepatu kabel yang sesuai dengan ukuran kabel yang dipakai

Langkah Memasang KWH Meter Listrik 3 Phase

Bagi para electrical yang ingin mengetahui tentang instalasi listrik 3 phase, berikut ini merupakan beberapa langkah yang harus diperhatikan.

Langkah 1

Untuk menentukan RST dan N, kabel SR ukuran 4×16 mm mempunyai tanda khusus. Apabila diraba menggunakan jari, maka kabel SR mempunyai garis halus sepanjang kabel. R adalah kabel SR satu garis, S adalah kabel SR dua garis, T adalah kabel SR tiga garis, dan N adalah kabel SR polos tanpa garis di kulit kabel.

Langkah 2

Memasang sepatu kabel di empat ujung dari kabel SR, kemudian bautkan pada setiap plat konduktor di Kwh meter listrik 3 phase. Selanjutnya, memasang kabel RSTN sesuai dengan plat konduktor untuk menjadi input arus listrik 3 phase ke meteran listrik.

Langkah 3

Input kabel R adalah lubang pertama di KWH 3 phase, output kabel R adalah lubang kedua, input kabel S adalah lubang ketiga, dan output kabel S adalah lubang keempat, dan seterusnya hingga kabel N (netral). Apabila bingung, maka bisa dengan memahami bahwa input adalah lubang ganjil, sementara output adalah lubang genap.

Langkah 4

Perlu diketahui bahwa kabel output RST dihubungkan di dalam MCB 3 phase. Hal ini dilakukan sebelum nantinya dipasang ke panel listrik atau instalasi yang ada di gedung.

Langkah 5

Untuk output N (Netral) perlu dihubungkan pada plat konduktor sebelum selanjutnya dihubungkan pada panel di gendung. Perlu diketahui bahwa plat konduktor sendiri memiliki fungsi sebagai penghantar arus listrik yang bersifat kondusif, dan konduktor ini tahan terhadap panas.

Langkah 6

Pada langkah terakhir kali ini, perlu untuk memasang Modem KWH 3 phase. Namun perlu diperhatikan bahwa modem yang dipasang harus sesuai dengan petunjuk gambar yang ada di kotak pembungkus mode. Karena pasti ada saja jenis modem yang tidak sinkron di mana hal ini bisa menyebabkan keselarasan dalam koneksi.

Untuk rangkaian modem KWH dapat melihat tutorial untuk lebih jelasnya. Namun rangkaian ini pada dasarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Untuk modem sendiri, pada dasarnya berfungsi sebagai pengirim dan pembaca data kinerja KWH meter ke tempat kerja PLN, sehingga dapat dimonitoring dengan baik.

Itulah beberapa cara memasang Kwh meter listrik 3 phase yang bisa dipelajari. Untuk para electrical yang ingin belajar tentang kelistrikan, maka wajib mengetahui cara pemasangan KWH meter listrik 3 phase ini. Bagaimanapun juga, hal ini sangat dibutuhkan, khususnya bagi para electrical yang bekerja untuk memasang KWH meter ini di berbagai gedung atau pabrik. Meskipun tidak semudah memasang KWH meter listrik 1 phase, tetapi proses pemasangan ini tidak begitu rumit. Hanya saja perlu teliti dan jeli, serta tentunya harus mengutamakan keamanan dalam bekerja, karena bisa menyebabkan risiko besar.

Baca juga artikel tentang cara menggunakan clamp meter dan warna kabel listrik standar internasional di website kreasi rumah.