10 Contoh Plafon Rumah Agar Hunian Nyaman dan Menawan

Contoh Plafon Rumah – Untuk memperindah tampilan interior rumah, sebagian besar orang mungkin hanya memperhatikan pemilihan warna dan motif dinding serta pemilihan furniture-nya saja. Namun, sebenarnya ada bagian penting yang cukup menentukan estetika ruang, yakni plafon.

Desain plafon atau langit-langit rumah kerap dikesampingkan saat membangun rumah, padahal Anda bisa memanfaatkannya untuk menciptakan rumah idaman yang bikin nyaman. Jangan hanya gunakan material gypsum atau PVC berwarna putih polos saja, Anda bisa melakukan inovasi lebih luas. Ya, kini ada banyak contoh plafon rumah unik, menarik, serta aesthetic yang dapat diterapkan pada rumah hunian Anda.

16. 10 Contoh Plafon Rumah Agar Hunian Nyaman dan Menawan

10 Contoh Plafon Rumah

Seperti apa saja desain plafon rumah yang menarik itu ? Yuk simak ulasannya !

1. Plafon Minimalis Unsur Kayu

Bagi Anda yang ingin menciptakan nuansa natural di dalam rumah, pilihlah plafon jenis ini! Selain tercipta nuansa natural, suasana dalam rumah pun menjadi hangat, terlebih jika Anda memadukannya dengan pencahayaan lampu kuning yang hangat pula.

Plafon minimalis unsur kayu ini sangat cocok dikombinasikan dengan dinding putih dan furniture serba kayu. Bahkan dengan konsep ini, rumah sempit pun akan terasa lapang. Dijamin siapapun akan betah dan nyaman berada di dalamnya.

2. Plafon Minimalis Balok Kayu

Masih dengan contoh plafon rumah bernuansa kayu, namun kali ini menggunakan instalasi balok kayu. Ya, kayu-kayu berbentuk balok memanjang dipasang pada langit-langit berwarna putih polos. Konsep ini menghasilkan kesan rustic pada suatu ruang.

Jika menggunakan plafon minimalis balok kayu, sebaiknya serasikan dengan perabotnya, entah menggunakan meja dan kursi kayu, rak buku kayu, lemari kayu, dan sebagainya. Jangan lupa tambahkan pula tanaman hias indoor agar ruangan tampak segar. Lantas, di ruangan mana Anda bisa menerapkan konsep ini? Bisa dimana saja, entah untuk ruang tamu, ruang keluarga, ruang baca, atau ruang bersantai.

3. Plafon Bingkai Putih

Bagi yang menyukai desain minimalis sederhana, Anda dapat memilih model plafon bingkai putih. Jika bingkainya berwarna putih, maka apa warna dasarnya? Gunakanlah warna-warna pastel, seperti krim agar mudah dipadukan dengan warna lain.

Konsep ini dapat membuat ruangan tampak lebih luas namun tetap menawan. Nah, Anda bisa menerapkan konsep ini untuk dapur agar tampilannya lebih menawan dan mewah. Padukan dapur per plafon bingkai putih dengan pencahayaan yang terang, sehingga ruangan tampak bersih selalu.

4. Plafon Bertingkat

Bosan dengan desain plafon yang itu-itu saja? Anda bisa mengubahnya menjadi plafon bertingkat. Desain plafon yang satu ini cukup populer dan digemari banyak orang, sebab mampu membuat ruangan nampak elegan sekaligus mewah. Desain plafon semacam ini bisa Anda terapkan pada ruang tamu atau ruang keluarga yang berukuran lebih luas dari ruangan lainnya.

Selain itu, pasang pula beberapa macam pencahayaan, mulai dari lampu di sela-sela tingkat plafon, di tepi plafon, dan di posisi tengahnya. Konsep plafon bertingkat ini dianggap bisa membuat suhu ruangan tetap stabil. Jadi, masihkah Anda ragu menerapkannya pada rumah hunian Anda?

5. Plafon Klasik Berbentuk Kerucut

Contoh plafon rumah yang unik berikutnya adalah plafon klasik berbentuk kerucut. Plafon model ini dapat mengingatkan Anda pada liburan musim panas dengan suasana tropis yang kental. Kini sudah banyak hotel atau penginapan yang menggunakan plafon warna putih polos berbentuk kerucut untuk menambah kesan tradisional.

Sayangnya plafon model ini kurang cocok jika Anda terapkan pada ruang tamu, ruang keluarga, terlebih dapur. Anda bisa mengaplikasikannya pada kamar tidur, sehingga ruang kamar terkesan lebih lapang dan tidak membosankan.

Plafon Klasik Berbentuk Kerucut

6. Plafon Tekstur Kilat Ala Scandinavian

Jika ingin tampilan plafon lebih unik, lain dari yang lain, mungkin gaya scandinavian bisa jadi pilihan. Anda bisa memilih warna abu-abu sebagai warna dominan untuk plafon segala ruang, entah ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, bahkan dapur. Plafon ala scandinavian memiliki tekstur kilat yang membuat interior rumah lebih menawan.

Konsep semacam ini sangat cocok bagi pemilik rumah yang berjiwa muda, karena tampilannya lebih modern. Agar lebih modern dan futuristic, gunakanlah lampu gantung sederhana dan gorden panjang untuk jendela. Jangan lupa beri sentuhan tanaman hias di beberapa sudut ruang untuk memberi kesan fresh.

Plafon Tekstur Kilat Ala Scandinavian

7. Plafon Colorful

Plafon colorful adalah salah satu contoh plafon rumah yang memberi kesan ceria. Anda dapat menerapkan konsep ini pada kamar tidur anak, agar mood si kecil selalu gembira. Berilah setidaknya 3 warna yang serasi untuk plafon kamar anak, jangan terlalu berlebihan. Jika sudah menerapkan plafon colorful, sebaiknya Anda memilih warna netral untuk dinding kamar agar tak terlalu ramai.

Tidak ada salahnya jika ingin menampilkan lukisan atau gambar-gambar yang mendukung kecerdasan sang buah hati, namun secukupnya saja. Terlalu banyak gambar dapat membuat kamar lebih sumpek.

8. Plafon Asimetris

Di jaman semakin modern ini, konsep simetris dapat dikatakan kuno dan ketinggalan jaman. Nah, jika ingin rumah Anda lebih modern, gunakanlah konsep plafon asimetris. Dengan bentuk dan ukuran yang tidak sama antara kanan dan kirinya, membuat ruangan tidak monoton, justru semakin eye catching.

Bentuk tak beraturan justru memberi kesan santai, terlebih jika Anda memadukannya dengan perabot modern pula. Jangan lupa berilah pencahayaan lampu yang serasi, jangan terlalu mewah, cukup yang terkesan elegan.

9. Plafon Motif Stencil

Contoh plafon rumah berikutnya adalah motif stencil yang sering diterapkan pada kamar anak gadis. Ya, konsep plafon yang ditandai dengan motif stencil floral ini membuat ruangan tampak feminim. Agar lebih menawan, padukan pula dengan pencahayaan lampu gantung yang terang. Lampu semacam itu tak hanya membuat ruangan tampak lapang, tapi juga mempesona.

Jika sudah menggunakan plafon motif stencil, sebaiknya beri warna polos untuk cat dindingnya agar tidak terlalu ramai. Anda pun bisa menggunakan perabot warna feminim, seperti pink, ungu, atau warna-warna pastel.

Plafon Motif Stencil

10. Plafon Miring

Kata siapa plafon rumah selalu datar dan lurus? Anda bisa mengaplikasikan plafon miring untuk rumah hunian, terutama untuk ruangan kecil di lantai atas. Konsep ini akan membuat ruangan tampak unik tentunya.

Jangan lupa beri sedikit ruang agar sinar matahari dapat masuk ke ruangan tersebut, entah dari bagian atas atau samping melalui jendela. Plafon miring ini akan cocok dipadukan dengan lantai kayu atau parquet, sehingga tercipta nuansa hangat. Beberapa ruangan yang cocok menerapkan konsep plafon ini adalah kamar tidur, ruang bermain, ruang membaca, atau ruang bersantai.

Ternyata cukup banyak ya contoh plafon rumah yang unik dan menarik? Konsep mana yang menarik perhatian Anda dan ingin segera diterapkan pada rumah hunian baru? Selain membuat ruangan lebih menawan, ide desain plafon di atas juga membuat sirkulasi udara lancar, dapat meredam suara, dan yang terpenting bisa berfungsi sebagai penutup rangka atap.

So, tentukan pilihan desain plafon dan aplikasikan untuk rumah idaman Anda!
Baca juga artikel tentang tata ruang kantor terbuka dan desain kamar 2×3 di e tabloid kreasi rumah.