Granit Motif Marmer Terbaru: Ide, Jenis dan Manfaat

Ada berbagai material bangunan yang bisa digunakan untuk memperindah rumah Anda. Salah satunya adalah granit motif marmer yang memberi tampilan elegan untuk semua tipe rumah. Saat ini, granit marmer menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan masyarakat karena selain indah, komponennya juga memiliki daya tahan yang sangat baik.

Soal harga, granit cenderung lebih mahal namun sepadan dengan tampilan serta kualitasnya. Biasanya, granit digunakan sebagai lapisan paling luar seumpama lantai, meja dapur, toilet serta area lain untuk memperindah ruangan. Selain itu aneka ragam motif granit bisa menjadi pilihan dengan pola dan warna yang diinginkan.

Saat ini, model granit lantai dipilih dengan alasan permukaannya yang menawan. Seperti namanya, bahan dasarnya adalah granit namun memiliki motif marmer yang umum.

Daftar Granit Motif Marmer Terbaru

Jika Anda berminat menggunakan granit sebagai salah satu penghias rumah, ada berbagai motif granit terbaru yang mudah didapatkan dari produsen. Berikut ini daftarnya:

Granit Putih

Jika Anda tak ingin pusing memilih warna dan ingin netral, maka granit putih adalah pilihan yang tepat. Seperti namanya, gambar lantai granit ini memiliki pola bintik-bintik hitam atau abu-abu namun dengan dasar warna putih. Selain sederhana, motif ini juga dikombinasikan dengan furniture berbagai model dan warna karena sangat netral.

Granit Putih

Selain itu, granit putih cocok untuk berbagai tipe rumah dan desain yang diinginkan. Pada rumah minimalis misalnya, granit putih akan terlihat lebih lapang, sementara rumah berukuran besar akan membuas suasana menjadi lebih bersih dan tenang.

Granit Motif Marmer

Jenis granit terbaru 2020 salah satunya adalah motif marmer, semburat atau pola pada permukaannya menyerupai marmer meski berbahan dasar granit. Garis tersebut biasanya berwarna cokelat dan dasar putih. Pada tipe ini, rumah akan terlihat lebih mewah dan elegan.

Granit Motif Marmer
Granit Motif Marmer

Sebagai referensi, Anda bisa menempatkan granit motif marmer di tempat yang terlihat banyak orang seperti ruang tamu atau rumah makan. Bisa juga di dapur karena mudah dibersihkan untuk sudut rumah yang kerap kotor.

Granit Motif Batu Alam

Memilih suasana yang teduh bagi rumah kini sudah menjadi trend. Selain tempat istirahat, banyak masyarakat yang menjadikan rumah mereka sebagai tempat untuk menenangkan diri dari aktifitas harian. Salah satu motif granit lantai terbaru 2020 adalah bebatuan alam yang seperti membawa Anda untuk bermeditasi.

Granit Motif Batu Alam

Menyesuaikan iklim tropis di Indonesia, membuat rumah yang bernuansa sejuk pasti akan lebih menyenangkan sehingga motif batuan alam bisa menjadi pilihan yang tepat. Tak hanya dingin, beberapa jenis batuan juga sangat fleksibel untuk memberi kesan hangat di tengah musim hujan.

Ada berbagai motif dan warna yang ditawarkan untuk granit batu alam seperti putih, hitam bahkan merah. Jenis ini sebenarnya juga cocok bagi Anda yang membangun hunian bergaya tradisional atau mediterania.

Granit Pola Lingkaran

Pola lingkaran sebenarnya merupakan motif granit lantai terbaru 2019 yang masih trend dan banyak digunakan hingga saat ini. Memberikan pola tak biasa akan membuat rumah Anda terlihat megah dan berbeda. Namun begitu, proses pemasangannya cukup sulit karena membutuhkan trik khusus.

granit Pola Lingkaran
granit Pola Lingkaran

Untuk ini jangan khawatir, karena selama Anda mempekerjakan orang-orang profesional maka hasil yang didapatkan juga akan jauh lebih baik. Salah satu pola yang dapat Anda terapkan adalah lingkaran menyerupai roda. Agar memberi nuansa lebih baik, Anda memilih warna cerah untuk pola lingkaran tersebut agar lebih menonjol.

Granit Pola Hamparan Pasir

Penyuka pantai pasti senang dengan motif yang satu ini. Sebagaimana namanya, pola ini terlihat menyerupai bintik-bintik kecil dalam jumlah banyak dan berwarna cokelat layaknya pasir pantai.  Bahkan, beberapa bagian memiliki warna hitam seperti pasir sungguhan lengkap dengan efek konturnya.

Granit Pola Hamparan Pasir

Memilih pola ini bisa Anda tempatkan di berbagai area seperti teras atau taman belakang. Suasana rumah jelas akan terlihat lebih tenang homy. Untuk area indoor Anda bisa menggunakannya di rumah makan atau bahkan toilet.

Granit Motif Klasik

Granit klasik sebenarnya merujuk kepada jenis paling umum, termasuk warna dan teksturnya. Biasanya, jenis ini berwarna dasar hitam dan memiliki bintik atau pola lain dengan warna abu-abu atau bahkan gold. Permukaannya tentu berkilau merata dan memberikan kesan elegan dan mewah.

Granit Motif Klasik
Granit Motif Klasik

Jika Anda enggan menggunakan motif ini pada interior karena terlalu gelap, cobalah untuk meletakkannya di area outdoor pada beberapa sisi rumah seperti pilar atau teras luar. Penempatan ini akan memperlihatkan desain rumah yang klasik dan tidak monoton jika dibandingkan dengan motif lainnya yang berwarna cerah.

Granit Pola Kotak-Kotak

Rumah bergaya klasik cocok untuk menggunakan pola satu ini. Umumnya pada lantai, jika Anda ingin interior tak mudah kotor karena noda. Pola kotak ini umumnya berwarna cokelat dengan pola kotak yang tersusun di sepanjang permukaan. Setiap warna cokelat tersebut umumnya tidak sama persis.

Granit Pola Kotak-Kotak

Selain kotak-kotak, pola ini juga mengkombinasikan sejumlah warna tak hanya cokelat tua tapi juga cokelat muda untuk memberi suasana berbeda. Meski berbeda Anda patut memastikan jika setiap kombinasi warna tersebut senada dan serasi.

Itulah beberapa daftar model granit terbaru 2020. Terlepas dari trend yang ada, memilih sesuai selera serta desain rumah adalah pertimbangan paling penting untuk menentukan motif granit apa yang Anda inginkan.

Granit Maison

model warna granit terbaru yang juga bisa dipilih adalah motif maison. Sepintas, tipe granit ini akan membuat Anda mengira sedang berdiri di atas permukaan kayu. Padahal, material dasar adalah granit marmer berwarna cokelat yang menawan dan menenangkan.

Granit Maison

Meski sama-sama berwarna cokelat, pola maison berbeda dengan pola kotak-kota yang disebutkan sebelumnya. Maison lebih kepada kesan dan warna alami kayu yang tidak biasa. Polanya juga bisa berbentuk kotak namun dengan tampilan yang berbeda.

Granit Hijau

Tipe ini sebenarnya agak berbeda dengan tipe lainnya karena tidak mudah untuk menemukannya. Seperti namanya, warna hijau pada granit seperti membawa Anda pada suasana pedesaan atau mediterania. Untuk warna, granit hijau seperti menyatu dengan pohon sehingga lebih indah dipandang.

Granit Hijau

Perihal penempatan, lantai bukan bagian yang tepat jika Anda ingin menggunakan jenis ini. Granit hijau lebih cocok digunakan pada permukaan meja makan atau kitchen set untuk memberi nuansa alam yang menyejukkan.

Granit Biru

Ada banyak gambar granit lantai terbaru yang bisa Anda jadikan referensi desain rumah, salah satunya adalah granit biru. Tak banyak orang yang menggunakan model ini lantaran cukup kontras dan tidak semua warna bisa dikombinasikan pada furniture.

granit Biru

Meski begitu, granit biru sangat cocok didesain pada ruang kerja atau ruang tengah karena sifatnya yang bisa memicu semangat serta ide yang lebih segar. Di desain rumah luar negeri, granit biru bahkan digunakan sebagai permukaan sebuah perpustakaan guna menambah daya kreatifitas dan minat baca.

Kenapa Memilih Granit Motif Marmer?

Seperti yang kita ketahui, granit hanyalah satu dari banyak material yang bisa digunakan untuk memperindah rumah. Kendati demikian, granit justru memiliki banyak keunggulan yang patut membuatnya dipilih sebagai lapisan rumah. Berikut ini keunggulannya:

Daya Tahan Kuat

Granit dibentuk dengan proses pembakaran pada suhu sekitar 120 derajat Celsius dengan kekuatan hingga 7200 PH. Tujuannya, untuk meningkatkan kekuatan dari bahan tersebut sehingga kokoh digunakan selama bertahun-tahun. Proses pembakaran membantu menekan daya serap sehingga material tidak mudah rusak untuk waktu yang lama.

Granit sangat mungkin untuk menekan bebat berat tanpa pecah atau merusak permukaannya. Terlebih, sebelum dijual granit sudah lebih dahulu melalui tahap uji coba dengan menahan bobot hingga lebih dari 500 kg per meter persegi. Ini artinya, kekuatan granit sangat tinggi bukan hanya untuk rumah tinggal namun juga bangunan berskala besar.

Pada beberapa penggunaan, granit bahkan dijadikan tempat garasi mobil minimalis atau benda berat lainnya tanpa mengalami kerusakan sama sekali. Dengan begitu, pengguna tentu tak perlu khawatir karena kekuatannya yang sangat stabil.

Lebih Awet

Melihat kekuatannya, granit punya daya tahan yang baik dan awet untuk waktu yang lama. Kekuatan ini tidak terlepas dari daya topang yang ada sekaligus anti beret. Tekstur granit pada dasarnya kasar namun jika selesai diproses menjadi keramik granit permukaannya akan dibuat mengkilap dan licin.

Kekuatan ini tentu bisa menjadi aset dalam waktu yang lama pada rumah. Sehingga Anda tak perlu sering merenovasi bagian rumah semisal retak atau tergores dalam jumlah yang banyak. Untuk granit berkualitas baik, umumnya bisa bertahan selama puluhan tahun atau lebih.

Kendati demikian, perlu dipertimbangkan setiap sisi yang menggunakan keramik karena jelas Anda tak bisa seenaknya menancapkan paku sebagai gantungan atau keperluan lain. Jika hal ini dilakukan jelas akan merusak materialnya dan memperpendek usia.

Memberi Kesan Mewah

Salah satu alasan yang paling banyak digunakan orang untuk memilih granit karena tampilannya yang terkesan mewah. Anggapan ini wajar saja karena keramik granit memiliki permukaan yang berkilau dengan pola klasik yang terlihat mahal dan elegan. Belum lagi, harganya yang mahal membuat banyak orang memilih biaya khusus.

Jika dibandingkan dengan keramik biasa, granit punya penampilan yang tak kalah menawan untuk menutupi lantai ataupun dinding pada setiap sudut rumah. Ragam warna juga membuat bahan bangunan satu ini mudah menyesuaikan dengan keinginan pemilik.

Mudah Dibersihkan

Karena permukaannya yang licin, keramik akan sangat mudah untuk dibersihkan. Ini tidak terlepas dari bahan utama granit dan tahap pengolesan yang mumpuni. Untuk setiap noda, Anda cukup membersihkan dengan lap basah maka kilaunya akan kembali.

Melihat berbagai jenis granit lantai teras terbaru 2020 maupun bagian ruangan di atas, Anda lebih dahulu bisa menyamakan selera desain yang diinginkan. Setiap ruangan memiliki jenis aktifitas berbeda sehingga pemilihan warna dan pola menjadi sangat penting. Meski mahal, material ini nyatanya menjanjikan suasana yang sepadan.

Granit motif marmer dan seluruh keunggulannya juga bisa dirasakan, ketimbang menggunakan material dengan harga standar. Anda mungkin harus mengeluarkan biaya renovasi yang besar untuk 5 atau 10 tahun mendatang. Pada granit marmer, Anda cukup melakukan perawatan untuk mempertahankan kilaunya tanpa perbaikan karena daya tahannya yang sangat baik.