12 Tips Sulap Kamar 2×3 Meter Menjadi Menawan Hingga Bikin Nyaman!

Kamar 2×3 – Lahan yang sempit bukanlah kendala untuk membuat rumah tampak menawan. Bahkan, dengan desain yang tepat, rumah Anda akan terkesan lebih lapang.

Nah, salah satu ruangan sempit yang bisa didesain sedemikian mungkin agar tampak luas namun tetap cantik adalah kamar tidur. Bagi Anda yang memiliki kamar 2×3 meter baik di rumah, apartemen, atau kos-kosan bisa disulap menjadi kamar luas yang bikin betah dan nyaman. Bagaimana caranya? Simaklah ulasan berikut!

18. Sulap Kamar 2x3 Meter Menjadi Menawan Hingga Bikin Nyaman

12 Tips Sulap Kamar 2×3 Meter

1. Jangan Gunakan Banyak Warna

Salah satu tips mendesain ruangan sempit adalah dengan tidak menggunakan banyak warna. Penggunaan warna yang terlalu banyak, entah untuk dinding, plafon, atau perabot, akan memberi kesan ramai dan penuh, sehingga ruangan tampak lebih sempit.

Sah-sah saja jika memadukan dua atau tiga warna dalam satu ruang agar tidak monoton, namun pastikan warna-warna tersebut padu, tidak kontras. Dalam pemilihan furniture pun sebaiknya gunakan warna yang tak jauh berbeda antara furniture satu dengan lainnya.

2. Pilih Warna Dominan yang Terang

Tentukan setidaknya satu warna yang mendominasi kamar 2×3 meter milik Anda. Nah, warna yang dominan itu sebaiknya adalah warna terang, seperti putih, krem, biru muda, pink, dan lainnya. Warna terang akan memberi kesan luas terhadap suatu ruang, Anda pun lebih mudah memadukan warna tersebut dengan warna lainnya.

Sebaliknya, jika memilih warna gelap, seperti hitam, coklat tua, abu-abu tua, atau navy, ruangan menjadi lebih sempit, pengap, dan terasa penuh. Jadi, lebih aman gunakan warna terang baik untuk dinding, plafon, atau furniture.

3. Memilih Wallsticker yang Pas

Wallsticker sering kali dijadikan sebagai pengganti cat dinding, sebab pengaplikasiannya lebih mudah, warnanya lebih tahan lama, serta mudah diganti. Namun, Anda harus memperhatikan pemilihan wallsticker yang baik, jangan sampai motif yang dipilih membuat kamar lebih sempit.

Pemilihan warnanya hampir sama dengan pemilihan cat dinding, yakni utamakan warna-warna terang. Selain itu, jika ingin menggunakan wallsticker bermotif, pilihlah motif yang tidak terlalu ramai. Motif sederhana tentunya membuat ruang tidak penuh, terkesan luas, serta enak dipandang.

4. Penempatan Tempat Tidur yang Tepat

Terasa sempit tidaknya sebuah kamar dapat dipengaruhi oleh penataan tempat tidur. Untuk kamar yang tidak luas, sebaiknya letakkan tempat tidur menempel dinding. Posisi tersebut akan membuat lebih banyak ruang untuk meletakkan perabot lain, seperti lemari, meja belajar, atau meja rias.

Posisi tempat tidur menempel dinding juga dinilai lebih nyaman bagi banyak orang. Tak heran jika banyak yang menerapkan tata letak ini.

5. Tambahkan Cermin

Jika pemilihan warna dan tata letak tempat tidur masih kurang untuk membuat kamar 2×3 tampak luas, Anda bisa terapkan tips berikutnya, yaitu menambahkan cermin full body. Cermin full body atau berukuran besar mampu memberi ilusi ruang menjadi lebih luas. Ya, akan ada pantulan bayangan dari cermin tersebut, sehingga ruangan terkesan dua kali lebih besar.

Pastinya cermin tak hanya berfungsi demikian bukan? Anda dapat memastikan tampilan selalu sempurna dengan bantuan cermin. Nah, agar nilai aesthetic tidak hilang, pasanglah hiasan di bingkai cermin, bisa berupa bunga atau dedaunan dari plastik, atau lampu tumblr.

6. Manfaatkan Celah dengan Baik

Tips berikutnya untuk mengatur kamar tidur sempit adalah dengan memanfaatkan celah sebaik mungkin. Ya, karena tidak begitu luas, Anda harus pintar memanfaatkan ruang meski tersisa secuil. Salah satu contoh adalah menggunakan kolong tempat tidur sebagai tempat menyimpan pakaian, selimut, sprei, atau barang-barang lain yang tidak bisa diekspos.

Sayang sekali bukan jika kolong tempat tidur dibiarkan kosong begitu saja? Anda bisa membuat laci atau lemari kecil disana agar tampilannya rapi dan menarik.

7. Manfaatkan Ruang Atas Tempat Tidur

Bagian atas tempat tidur yang sering digunakan untuk headboard bisa dialihfungsikan menjadi rak buku atau tempat menyimpan aneka barang. Ya, furniture semacam rak memiliki fungsi lebih dibanding headboard yang membuat ruangan tampak sempit.

Keberadaan rak di atas tempat tidur juga membuat barang yang Anda miliki tertata rapi, bahkan menjadi hiasan kamar. Jadi, terapkan tips yang satu ini untuk kamar 2×3 meter Anda, ya!

8. Memilih Perabot Multifungsi

Konsep yang sering digunakan untuk ruangan sempit adalah konsep minimalis, yakni dengan mengutamakan perabot multifungsi. Ya, pilihlah perabot multifungsi untuk menghemat ruang, seperti menggunakan sofa bed, meja belajar sekaligus lemari, tempat tidur dengan laci di bawahnya, dan sebagainya.

Dengan demikian, Anda tidak memerlukan banyak perabot di dalam kamar bukan? Ini membuat ruangan lebih lapang. Jika Anda mendapat perabot multifungsi harga miring dengan kualitas bagus, ini menjadi poin plus, kamar sempit menjadi rapi dan menawan tanpa mengeluarkan banyak biaya.

9. Memasukkan Barang yang Jarang Dipakai ke Lemari

Agar kamar sempit tampak rapi, sebaiknya masukkan barang-barang yang jarang dipakai ke dalam lemari atau kotak penyimpanan khusus. Semakin banyak barang, khususnya pakaian yang tergantung di luar lemari, maka semakin penuh juga tampilan kamar Anda bukan?

Simpan barang yang kurang penting ke dalam wadah, masukkan baju kotor ke tempat khusus, dan buang barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan. Dengan demikian, kamar tidur terbebas dari pajangan barang-barang, terlihat ringkas serta simple.

10. Atur Pencahayaan

Nah, salah satu yang terpenting saat mengatur tata ruang kamar adalah pencahayaannya. Pencahayaan alami dari sinar matahari mampu menciptakan kamar yang sehat, tidak lembab dan pastinya terang. Pencahayaan ini juga membuat ruangan lebih luas.

Selain cahaya dari sinar matahari, Anda perlu mengandalkan cahaya dari lampu. Nah, untuk membuat kamar 2×3 meter tampak luas, gunakanlah lampu yang terang, bukan lampu redup. Namun jika ingin tidur lebih nyenyak, Anda bisa gunakan lampu tidur pada jam malam.

11. Memasang Aksesoris Secukupnya

Untuk mempercantik sebuah ruang, tidak ada salahnya memasang hiasan atau aksesoris seperti lukisan, poster, atau foto keluarga, namun jangan terlalu berlebih. Terlalu banyak memasang aksesoris justru akan membuat kamar menjadi penuh.

Anda dapat memasang aksesoris berukuran sedang namun memberi efek tertentu, contohnya cermin dinding aesthetic, selain memperindah ruang, cermin tersebut juga memberi kesan luas. Bisa pula menambahkan jam dinding desain unik di satu sisi kamar, ini sangat berguna sebagai pengingat waktu.

12. Menggunakan Tirai Panjang

Jika kamar Anda memiliki jendela, maka pemilihan tirai menjadi hal cukup penting untuk menciptakan ruangan yang nyaman. Tirai jendela yang cocok untuk kamar sempit adalah tirai berukuran panjang yang pemasangannya hampir mencapai langit-langit kamar.

Pilih pula warna tirai terang yang selaras dengan desain keseluruhan kamar. Pemilihan warna dan motif tirai yang sesuai akan memastikan ruangan terlihat apik.

Berikut desain Kamar 2×3 yang bisa anda terapkan di rumah.

Nah, itulah 12 tips atau cara menyulap kamar 2×3 meter menjadi kamar idaman yang membuat betah siapapun. Tak hanya membuat ruang tampak lebih luas, tapi juga membuat ruang privat tersebut lebih cantik dan ciamik.
Baca juga artikel tentang model atap miring dan aplikasi gambar denah rumah di kreasi rumah.