Ini Dia Tips Memilih Keramik Dinding Teras Kekinian

Mempunyai rumah dengan desain interior yang keren adalah impian semua orang. Berbagai model keramik dinding teras depan terbaruseperti model minimalis, American Klasik, Imitasi Kayu, dan lain sebagainya kini tengah digandrungi oleh masyarakat kita.

Desain interior kini menjadi trending tersendiri apalagi setelah munculnya istilah “instagramable” yang bisa diartikan tempat – tempat yang memiliki nilai estetika sehingga menjadi populer di media sosial. Anda bisa memilih desain teras yang anda inginkan namun tetap disesuaikan dengan beberapa faktor seperti ukuran teras, barang – barang yang anda butuhkan dan keamanan serta kenyamanan teras impian anda.

Keramik Dinding Teras Motif Bunga

Bagi anda yang ingin mempunyai teras bernuansa ceria, cerah, anggun, dan pastinya keren. Keramik dinding Teras Motif bunga ini cocok untuk anda. Motif ini juga cocok untuk anda yang ingin menghidupkan nuansa flora di teras anda, motif ini adalah pilihan yang sangat tepat. Apalagi jika ditambah dengan beberapa pot bunga atau tanaman hias, pasti akan menambah keren dan estetik teras rumah anda.

keramik dinding teras motif bunga
keramik dinding teras motif bunga 2

Motif Keramik Dinding Terbaru 2021

Supaya teras rumah anda lebih kekinian anda bisa mencari motif keramik dinding terbaru yang kini tengah populer dan digandrungi banyak orang. Jika anda menyukai motif ramai, meriah dan ceria, motif – motif seperti bunga dengan warna yang cerah dan beragam akan menjadi pilihan yang tepat. Atau jika anda suka dengan motif yang lebih elegan dan minimalis, anda bisa memilih keramik dengan motif kayu, warna – warna pastel dan warna gelap yang tidak terlalu cerah dan sedikit motifnya.

keramik dinding teras motif mural
motif keramik dinding abstrak
keramik dinding teras motif bunga biru

Keramik Dinding Depan Rumah

dengan mempunyai desain keramik dinding teras yang menarik, rumah anda akan lebih nyaman untuk bersantai, berkumpul dengan keluarga, suasana rumah lebih hidup dan sesuai dengan keinginan dan selera anda. Mulailah memikirkan konsep dari teras rumah yang anda inginkan contohnya seperti,

  • Teras Bernuansa Alam

Bagi anda yang menginginkan teras dengan nuansa alam dan mempunyai halaman yang luas dan berumput hijau yang asri, anda bisa memilih motif atau warna keramik dinding berwarna hijau, motif bunga atau motif batu alam.

  • Teras Untuk Berjemur Dan Bersantai

Untuk tema ini anda bisa memilih keramik dinding dengan motif kayu minimalis untuk menambah kesan santai, alami, nyaman dan menenangkan. Anda bisa menambahkan beberapa kursi santai dan tanaman hias untuk mempercantik teras rumah anda.

  • Teras Bergaya Meriah Dan Hangat

Jika anda ingin menjadikan teras untuk area bersantai, berkumpul dengan keluarga, area bermain anak atau sekedar menghabiskan waktu di sore hari. Anda bisa mencari keramik dinding motif bunga, batu bata atau motif berwarna cerah. Anda bisa memadukan dengan kursi bermotif, karpet dan beberapa hiasan untuk memperindah teras anda.

  • Model Minimalis

Gaya minimalis kini tengah populer dan naik daun, memiliki teras bergaya minimalis juga ide yang sangat bagus. Anda bisa mencari keramik dinding teras bermotif batu alam atau warna – warna gelap agar kesan elegan, simple,  dan minimalis terasa di teras anda. Jangan tambahkan banyak aksesoris atau barang tambahan untuk model ini. Atau gunakan barang yang minimalis dan tidak bermotif.

  • Model Kaum Millennial

Untuk anda kaum millennial yang ingin punya teras rumah estetik, instagramable, kekinian dan enak buat nongkrong bersama teman – teman. Anda boleh memilih gaya minimalis dengan keramik dinding teras berwarna putih, kayu, polos atau warna gelap polos sesuai dengan selera dan tema yang anda inginkan.

  • Model Taman Bermain Anak – Anak

Untuk anda yang sudah mempunyai anak dan ingin mempunyai teras yang menarik, bernuansa ceria dan nyaman untuk bermain, anda boleh memilih motif keramik dinding teras berwarna cerah atau bermotif simple tapi tetap cerah. Tambahkan beberapa permainan untuk membuat teras anda lebih nyaman untuk area bermain anak anda.

Itulah beberapa rekomendasi gaya teras dan warna keramik dinding teras yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk memulai renovasi teras anda menjadi lebih menarik dan sesuai dengan impian dan kebutuhan anda.

Namun jika anda masih bingung dengan jenis keramik yang ingin anda pilih untuk menjadi desain rumah atau teras anda, anda bisa menyimak informasi di bawah ini sebagai bahan referensi untuk model keramik yang anda inginkan.

  • Keramik Standar

Jenis keramik ini terbuat dari tanah liat non- porselen. Sehingga lebih mudah untuk dipotong dan disesuaikan dengan bentuk teras atau ukurannya. Namun kekurangan keramik ini adalah kurang tahan lama karena tidak adanya kandungan porselen di dalamnya.

Keramik Standar
  • Keramik Batu Alam

Jenis keramik ini terbuat dari batu marmer, limestone, quartz dan lain sebagainya. Ini sangat cocok untuk anda yang menginginkan desain teras yang alami dan unik, karena dengan sentuhan batu alam ini akan membuat teras anda bernuansa natural dan alami.

Keramik Batu Alam
Teras Bernuansa Alam21
  • Keramik Teraso

Keramik ini terbuat dari bahan – bahan campuran seperti semen, tegel, pasir dan marmer. Ciri khas dari jenis keramik ini adalah adanya permukaan kasar atau halus karena bahan campuran tersebut sehingga akan memberikan nuansa tersendiri untuk teras anda.

Keramik Teraso1
Keramik Teraso 2
Keramik Teraso 3
  • Keramik Mozaik

Nah, untuk jenis keramik ini yaitu berbentuk pecahan – pecahan yang disusun sehingga membentuk bentuk atau motif susunan tertentu.

Keramik Mozaik 1
Keramik Mozaik 2

Tips Menentukan Desain Keramik

Untuk menentukan jenis keramik, desain teras dan barang atau peralatan yang ingin anda gunakan di teras anda, maka anda harus memperhatikan beberapa hal berikut yang penting agar penataan teras rumah anda lebih rapi, nyaman dan menarik.

  • Luas Atau Ukuran Teras

Hal ini sangatlah penting, karena ukuran teras  anda akan mempengaruhi penataan, konsep dan pemilihan motif keramik yang ingin anda pilih. Contohnya, jika area teras rumah anda luas dan bertaman, anda bisa memilih nuansa alam atau area bermain karena lahan yang lebih luas menjadikan barang – barang tambahan bisa diletakkan disitu.

  • Sesuaikan Dengan Tema Teras

Yang kedua adalah sesuaikan motif keramik dengan tema teras yang anda inginkan. Jika anda menginginkan tema ceria maka pilihlah motif keramik yang bermotif atau berwarna cerah dan cenderung ramai sehingga nuansa ceria akan muncul. Jika anda menginginkan tema elegan minimalis untuk teras anda. Anda boleh memilih motif keramik motif kayu, batu alam atau warna – warna alami.

  • Sesuaikan Dengan Lingkungan Sekitar Rumah

Ini juga tips untuk menentukan motif keramik, desain teras untuk anda yaitu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar rumah anda. Jika anda mempunyai rumah yang berada di pinggir jalan umum dan memungkinkan adanya debu yang akan mengotori dinding anda maka pilihlah jenis keramik yang lebih tahan pada air, tidak mudah rapuh dan mudah dibersihkan. Namun jika anda memiliki rumah yang terkadang berpotensi terkena banjir jika hujan maka pilihkan jenis keramik yang mudah menyerap air dan memiliki struktur kasar supaya tidak licin namun tetap harus mudah dibersihkan.

  • Memahami Berbagai Bahan Keramik

Untuk menentukan gaya dan motif keramik yang anda butuhkan, anda harus mengetahui bahan keramik tersebut serta kekurangan dan kelebihannya supaya sesuai dengan tema anda, kebutuhan anda dan pertimbangan faktor – faktor lainnya.

Keuntungan Menggunakan Keramik Sebagai Dinding

Berikut adalah kelebihan dari penggunaan keramik untuk lantai atau dinding teras rumah anda yang bisa menjadi informasi tambahan untuk anda yang ingin menggunakan keramik di rumah anda atau teras anda.

  • Banyak Pilihan Motif

Salah satu kelebihan dari penggunaan keramik untuk dinding atau lantai anda adalah adanya pilihan motif yang lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan cat dinding yang terbatas dan jika mau bermotif agak sulit untuk pengapliasiannya.

  • Tahan lama

Susunan bahan dari keramik memiliki sifat tahan lama dibandingkan dengan cat. Hal ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk memasang keramik di lantai atau dinding rumah anda.

  • Anti Air

Kelebihan penggunaan keramik untuk lantai dan dinding anda adalah karena keramik memiliki sifat anti air, hal itu dikarenakan bahan yang digunakan untuk membuat keramik itu sendiri

  • Mudah Dibersihkan

Berbeda dengan cat tembok, penggunaan keramik memudahkan anda dalam proses pembersihan, baik dari debu atau anda yang memiliki anak dan mempunyai hobi untuk mencoret – coret dinding. Keramik juga tidak mudah berjamur sehingga anda bisa menghemat biaya dekorasi untuk cat dinding.

Kekurangan Dinding Keramik

Namun selain kelebihan yang saya sebutkan di atas, penggunaan keramik untuk lantai atau dinding rumah juga mempunyai beberapa kekurangan seperti,

  • Mudah pecah

Tidak bisa dipungkiri bahwa keramik memang salah satu barang yang arus diperlakukan serba  berhati – hati karena memang rentan untuk pecah. Hal ini juga terjadi jika keramik menopang terlalu berat beban sehingga lama kelamaan akan pecah atau hancur dengan sendirinya.

  • Kerak Pada Keramik Sulit Dibersihkan

hal ini terjadi jika lantai anda terkena karat besi atau akibat terkena air terus menerus maka kerak pada keramik akan sulit untuk dibersihkan.

  • Sulit Dalam Pembongkaran / Penggantian

Hal ini berkaitan dengan cara pemasangan keramik yang ditempelkan menggunakan semen sehingga jika anda merasa bosan dan ingin mengubah motif keramik anda maka akan menjadikan proses pembongkaran dan penggantian motif keramik. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk membuat desain dan gaya teras anda serta pemasangan keramik anda buatlah sesuai dengan kemauan dan gaya yang anda impikan sehingga tidak menimbulkan penyesalan terhadap motif keramik yang anda pilih.

Demikian beberapa penjelasan mengenai gaya atau desain model teras yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Penting bagi kita untuk mengetahui hal – hal yang harus diperhatikan sebelum memasang keramik untuk dinding dan teras anda sehingga tepat dan membuat anda nyaman dan senang.

Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui kelebihan keramik seperti bisa beraneka ragam motif, tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Serta beberapa kekurangan jika anda menggunakan keramik untuk desain lantai dan dinding rumah anda, seperti mudah pecah, kerak sulit untuk dibersihkan, dan sulit untuk proses pembongkaran atau jika ingin mengganti model baru. Mulailah mendesain teras rumah anda lebih menarik, asik, dan nyaman.

Cek juga artikel tentang Harga Plafon PVC