8 Model Tangga Rumah Eye Catching Serta Tips Memilihnya

Bagi rumah hunian yang terdiri dari dua lantai atau lebih, selain memikirkan desain atau tata letak ruang, perlu memikirkan model tangga rumah juga. Ya, tangga rumah harus disesuaikan dengan desain rumah secara keseluruhan, sehingga nampak serasi.

Selain itu, model tangga harus disesuaikan dengan luas rumahnya, jika rumah tidak terlalu luas, pilihlah tangga yang tidak memakan tempat pula. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan tangga adalah material dan warnanya.

Tips Membangun Tangga Rumah

Nah, pemilihan tangga rumah untuk rumah sempit sebenarnya cukup tricky, jadi sebelum membangun rumah berlantai lebih dari satu, rencanakan dahulu bagaimana bentuk tangga yang ideal. Berikut beberapa tips memilih model tangga rumah sempit. Yuk simak!

Hindari Material Beton

Rumah minimalis berukuran kecil tidak cocok menggunakan tangga bermaterial beton, sebab akan memakan banyak ruang dan terlihat lebih besar. Dengan begitu, rumah menjadi semakin sempit.

Jangan Terlalu Curam

Tangga yang terlalu curam tidak hanya berbahaya untuk rumah sempit saja, tapi berbagai jenis rumah. Memang benar, semakin curam tangganya maka semakin hemat ruang yang digunakan, akan tetapi sangat berbahaya bagi pengguna tangga tersebut. Alternatif lain, Anda bisa gunakan tangga putar dengan railing, sehingga lebih hemat tempat dan aman bagi penggunanya.

Manfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Karena lahan tak terlalu luas, sebaiknya memanfaatkan ruangan kosong untuk meletakkan barang tertentu. Nah, Anda dapat gunakan ruangan bawah tangga yang tidak terpakai sebagai gudang, lemari sepatu, rak buku, atau tempat untuk meletakkan hiasan-hiasan agar terlihat rapi.

Perhatikan Panjang dan Lebar

Jangan gunakan tangga terlalu lebar dan panjang untuk rumah minimalis yang sempit. Patokan ukuran tangganya adalah yang cukup dilewati satu orang saja, atau dengan panjang 80 cm dan lebar 27-30 cm.

8 Model Tangga Rumah Eye Catching

Setelah mengetahui tips memilih model tangga rumah sempit, berikut sejumlah model tangga yang mungkin jadi inspirasi Anda. Cek it out!

1. Tangga Bentuk Spiral

Model tangga ini paling sering digunakan pada rumah berlahan sempit karena sangat menghemat ruang. Bentuk anak tangganya berputar mengelilingi sebuah tiang, terlihat cukup curam, namun disertai railing dari besi yang menjamin keamanan seseorang.

Material model tangga ini cenderung dari besi kokoh, namun jika ingin tampilan lebih unik nan menarik, gunakanlah material kayu dengan cat coklat dan railing berwarna putih.

2. Tangga Rumah dari Kaca

Material kaca akan memberi kesan elegan terhadap suatu ruangan, tidak terlalu mewah, namun tidak terlalu sederhana pula. Namun, tangga ini tidak serta merta cocok untuk semua desain rumah, hanya untuk rumah bergaya kontemporer dan modern.

Perpaduan yang apik untuk tangga model ini adalah cat dinding rumah yang didominasi warna putih dengan railing transparan terbuat dari kaca.

3. Kantilever atau Tangga Melayang

Model tangga rumah ini sering pula disebut floating stairs. Floating stairs akan membuat tampilan rumah minimalis menjadi lebih futuristik. Anak tangga pada tangga jenis ini direkatkan ke dinding, bagian induk tangga pada struktur desainnya ditiadakan, sehingga nampak melayang.

Tangga model ini bisa dengan railing maupun tanpa railing. Railing yang digunakan pun bisa terbuat dari kayu, besi, atau kaca transparan. Agar lebih terkesan futuristik, pasanglah lampu di bagian bawah anak tangga. Namun, jika ingin menerapkan model tangga melayang Anda butuh kecermatan yang spesifik, material anak tangganya harus mampu menahan beban maksimal, serta pastikan konstruksinya kuat.

4. Tangga Klasik Kekinian

Bagi Anda yang menyukai hal-hal klasik, termasuk desain rumah, dapat terapkan model tangga rumah klasik yang kekinian. Model ini tidak meninggalkan kesan klasik namun tetap tampil kekinian.

Gaya klasik bisa dihadirkan dari material kayu yang digunakan pada anak tangga atau railingnya. Mungkin desain gaya klasik ini sudah terlihat usang dan ketinggalan jaman, namun jika Anda memadukannya dengan elemen atau warna lain yang futuristik, tentu tampilan rumah menjadi lebih modern.

Model Tangga Klasik Kekinian

5. Tangga Heliks Gaya Retro

Pernah mendengar model tangga heliks? Model ini menjadi model tangga yang paling istimewa dari model lainnya. Bentuk liukan dari tangga heliks ini sangat menawan, belum lagi jika material yang digunakan berupa batu marmer warna solid. Namun, untuk menghemat biaya atau memberi kesan berbeda, Anda bisa gunakan material kayu untuk anak tangga dan besi untuk railingnya.

Jika ingin memberi kesan mewah untuk hunian Anda, bisa gunakan material batu marmer, tegel marble, atau keramik mengkilap. Warna yang digunakan pun lebih baik warna gelap dengan railing hitam polos, sehingga ada kesan elegan.

6. Tangga Elemen Industrial

Dewasa ini, konsep industrial kian digemari banyak orang, entah untuk bangunan usaha atau hunian. Nah, jika Anda menerapkan konsep ini untuk rumah hunian, gunakan pula model tangga rumah yang berelemen industrial. Unsur industrial bisa ditandai dengan jeruji besi horizontal sebagai railing tangganya, ditambah dengan material kayu pada anak tangga.

Perpaduan kayu bercat coklat dengan jeruji besi hitam polos dapat memberi kesan aesthetic yang apik, terlebih jika Anda menambahkan pencahayaan di sebagian sisi anak tangga. Unsur kayu pada tangga model ini pun bisa memperkokoh pondasi tangga, sehingga lebih tahan lama.

7. Tangga Rumah Zigzag

Model tangga zigzag sangat cocok diterapkan pada rumah hunian sempit. Ya, model ini sangat hemat ruang namun tidak meninggalkan nilai estetika. Anda bisa gunakan material kayu untuk tangga zigzag yang diletakkan pada sisi dinding bercat putih. Bentuk yang unik serta perpaduan warna yang menarik tentu menghasilkan tampilan apik bukan?

Namun, Anda harus memilih material kayu yang benar-benar kokoh, kuat menahan beban berat, serta tidak mudah lapuk. Selanjutnya, kayu yang dibentuk zig-zag tersebut bisa sedikit bertumpu pada tembok  agar makin kokoh. Bentuk zigzag ini memiliki visual yang mengesankan, tampilan rumah jadi lebih menarik, tidak monoton, dan lebih lapang.

8. Tangga Tanpa Railing

Tangga tanpa railing tidak sepenuhnya bahaya, asal Anda memperhatikan jarak antar anak tangga, ukuran anak tangga, serta tingkat kecuramannya. Banyak yang menerapkan model tangga ini di rumah minimalis berukuran sempit, karena selain menghemat ruang, juga menghemat biaya pembuatan.

Anda dapat menggunakan material kayu untuk tangga tanpa railing. Kayu tersebut dapat dicat warna coklat muda lalu dipadukan dengan warna putih, sehingga ada kesan aesthetic. jangan lupa beri pula pencahayaan alami di siang hari agar tampilan lebih fresh. Tangga model ini sangat cocok jika lantai rumah Anda pun menggunakan material kayu.

Nah, dari 8 model tangga rumah di atas, mana yang menurut Anda cocok untuk rumah hunian Anda? Jangan lupa perhatikan ukuran luas rumahnya, jangan sampai keberadaan tangga justru memenuhi ruangan hingga membuat rumah semakin sempit.

Anda juga bisa memadukan beberapa warna untuk tangga, asal tidak berlebihan dan warnanya serasi. Hal ini tentu membuat tampilan  tangga semakin eye catching.
Baca juga artikel tentang tata ruang kantor tertutup dan contoh plafon rumah di e tabloid kreasi rumah.