10+ Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Cocok Keperluan Anda

Pemilihan warna cat rumah tidak boleh sembarangan. Pemilihannya, harus dipertimbangkan dengan konsep dasar yang dimiliki. Misalnya, saat rumah yang kamu huni memiliki konsep dasar kayu, maka pilihannya harus pada warna yang memiliki nuansa alami dan bisa juga dengan konsep pedesaan. 

Apalagi jika kamu mengusung tema rumah minimalis, maka pilihan yang tepat untuk warna catnya adalah warna yang tidak terlalu mencolok dan memiliki tone warna yang serasi jika dikombinasikan. Untuk pengkombinasian, memang dibutuhkan sedikit tenaga ekstra. 

Tetapi, jika memang belum mengetahui warna cat rumah seperti apa yang digunakan, berikut ini akan diberikan rekomendasi warna cat yang sesuai dengan konsep maupun tema rumah yang dihuni.

Car rumah minimalis hitam putih

Warna Cat yang Cocok Untuk Rumah Kayu

Jika kamu memilih untuk mengusung tema rumah kayu, maka warna cat kayu yang cocok untuk rumah kayu yang direkomendasikan adalah sebagai berikut. 

1. Coklat dan Putih

Cat rumah kayu yang bisa kamu pakai untuk dikombinasikan adalah warna coklat dan juga putih. Untuk penempatannya, warna putih merupakan warna cat rumah bagian luar yang bagus. Warna putih bisa kamu letakkan di luar rumah atau pada eksterior rumah agar terlihat rapi dan sedikit cerah. 

Jika kamu ingin menambah kesan elegan dari rumah yang kamu huni, silakan menambahkan warna coklat di interior dan pada sebagian tempat eksterior rumahmu. Kedua warna ini cocok dikombinasikan untuk mendapatkan kesan rapi,cerah, elegan, mewah, namun kalem. 

2. Coklat muda dan coklat tua

Mengetahui bahwa konsep rumah kamu adalah rumah kayu, maka warna cat rumah kayu yang bisa kamu pakai selanjutnya adalah warna coklat muda dan juga coklat tua. Untuk warna coklat muda, kamu bisa menggunakannya sebagai cat pada dinding rumahmu. 

Warna Cat Coklat Muda dan Coklat Tua yang Cocok Bagi Rumah Kayu

Sedangkan untuk warna coklat tua, bisa kamu gunakan sebagai cat pada tiang dan ornamen-ornamen rumah yang relatif kecil dan tidak terlalu lebar agar tidak ada kecenderungan rumah menjadi lebih gelap. Kedua kombinasi ini sangat cocok jika ditambahkan dengan pintuk kayu dengan warna yang lebih tua. 

3. Memakai plitur saja

Sebenarnya, warna cat rumah yang bagus yang sangat cocok dengan rumah kayu hanyalah dengan memplitur kayu-kayu yang menjadi bahan utama dari rumah tersebut. Dengan plitur, kayu akan tampak lebih mengkilap dan juga lebih indah. 

Penggunaan kombinasi warna cat kayu yang berlebihan, malah akan membuat rumah kayu tampak aneh. Ini tidak akan terjadi jika kamu hanya menggunakan plitur saja. Selain lebih mengkilap dan indah, kamu tidak akan kehilangan nuansa alami dari kayu-kayu yang menjadi bahan utama penyokong berdirinya rumah. 

Plitur yang Cocok Bagi Rumah Kayu

Tambahkan juga warga genteng beserta beberapa aksesori untuk memperindah tampilan eksterior rumah kayu. Dan jangan lupa untuk menggunakan furnitur dan interior rumah yang juga diplitur. Ini sangat cocok untuk kamu yang ingin cat rumah kayu minimalis.

Untuk kombinasinya, kamu bisa menggunakan plitur yang agak gelap dan juga yang sedikit cerah untuk memberikan tone terhadap rumah kayu yang kamu miliki. Berikanlah warna plitur cerah ke dinding rumah dan plitur yang agak gelap ke interior untuk memperindah dan membuatnya serasi. 

4. Warna cat rumah kayu yang modern nan elegan

Bagi kamu yang tetap tidak ingin ketinggalan modernitas, sepertinya warna kayu modern dan juga elegan sangat cocok untuk kamu. Ini cocok untuk cat rumah papan kayu tanpa meninggalkan suasana natural dari kayu yang menjadi konsep dasar rumah yang dihuni. 

Kamu bisa memberikan warna dark grey untuk eksterior dan dinding luar rumah. Gunakanlah atap yang simpel dan tidak terlihat melewati batas dan berilah cat pada pagar rumah dengan warna cokleat gelap atau pakai saja plitur dengan warna yang gelap. 

Warna cat rumah kayu yang modern nan elegan
Warna cat rumah kayu yang modern nan elegan wq

Selain itu, pada pintu juga harus berwarna coklat gelap agar tidak meninggalkan konsep rumah kayu yang dibuat. Sertakan juga beragam aksesori seperti tanaman, tiang, dan juga tangga agar terlihat lebih modern. 

Untuk menambah kesan modernnya, kamu bisa menggunakan lampu yang berwarna sedikit kekuningan. Cahaya yang keluar dari lampu, akan jatuh pada permukaan dark grey dan warna cokelat tua yang ada di sebagian dinding luar rumah kamu bakal memberi kesan yang sangat modern. 

Jangan lupa untuk menambahkan tirai-tirai pada jendela rumah yang kamu huni. Ini akan semakin menambah tampilan rumah menjadi lebih hangat, modern, dan juga tetap dengan nuansa alami yang menjadi dasar dari konsep rumah kayu. 

5. Cat rumah kayu dengan konsep kalem

Sepertinya, warna cat rumah kayu untuk kamu yang berkepribadian kalem bisa menggunakan beberapa kombinasi warna seperti coklat, abu-abu, hitam, dan beberapa warna kalem yang lain. 

Nantinya, rumah yang dihiasi dengan warna kalem tersebut, akan terlihat sangat asri dan alami. Selain itu, ada sedikit kesan magis yang akan ditampilkan dari perpaduan warna gelap serta kalem yang dilakukan. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman di depan rumah kamu agar suasananya menjadi lebih asri dan natural.

Cat rumah kayu dengan konsep kalem

Paling baik, kombinasi warna rumah ini cocok untuk diterapkan pada rumah kayu yang memiliki cagak yang agak tinggi sebagai penopan rumah. Nantinya, tangga akan memberikan kesan yang sangat bagus untuk kombinasi warna rumah seperti ini. 

6. Cat rumah kayu dengan warna cerah

Konsep rumah kayu, tak melulu harus dengan warna natural atau yang cocok dengan warna kayu yang menjadi dasar konsep dari rumah. Kalau kamu berani, silakan mencoba konsep rumah kayu dengan berbagai warna yang cerah. Kombinasi warna yang cerah akan membuat pemiliknya lebih nyaman ketika berada di dalam rumah. 

Cat rumah kayu dengan warna cerah Kuning
Cat rumah kayu dengan warna cerah biru

Gunakanlah warna yang cerah seperti biru, putih, pink, atau bahkan oranye untuk mencoba suasana baru pada rumah kayu yang dihuni. Dengan itu, rumah kayu yang dihuni tidak akan membosankan dan memiliki warna yang anti-mainstream. Jadinya, rumah kamu merupakan rumah kayu yang otentik. 

Warna Cat yang Cocok Bagi Rumah Minimalis

Saran di atas adalah untuk kamu yang menyukai dan memiliki rumah dengan tema dan konsep rumah kayu. Akan tetapi, untuk bagian ini adalah bagi kamu yang suka dengan konsep serta tema rumah minimalis. 

Bagi penyuka konsep minimalis. Sebaiknya cat rumah yang diberikan mengangkat tema warna rumah elegan namun tidak menghilangkan konsep minimalisnya. Beberapa rekomendasi warna berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk rumah minimalis yang kamu huni :

1. Hijau tua

Yang ini merupakan warna cat cocok untuk rumah minimalis. Memakai warna hijau tua atau dark green, akan membuat rumah minimalis kamu terlihat berkelas namun masih ada nuansa sederhana. Apalagi, darkgreen merupakan long lasting colour atau warna yang tidak pernah mati. Jadi warna ini sangat cocok untuk rumah minimalismu. 

Warna Cat yang Cocok Bagi Rumah Minimalis Hijau Tua

Untuk mengaplikasikannya, kamu hanya tinggal menaruh tanaman dan juga sofa dengan warna yang sejenis. Jika takut warna dark green terlalu mendominasi, silakan untuk mencoba menerapkannya dalam satu bagian dinding telebih dulu. Jika sesuai, coba letakkan warna lain yang serasi seperti coklat ataupun putih agar warnanya netral.

2. Mocha grey 

Warna cat kedua yang bisa kamu gunakan untuk konsep rumah minimalis adalah mocha grey. Dengan menggunakan cat rumah mocha grey, kamu akan mendapatkan kesan kalem, cool, dan suasana yang hangat lagi nyaman. Warna ini juga identik dengan warna ketenangan. 

Rumah Minimalis Mocca Grey

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bonus kesan mewah dari cat warna mocha grey jika menambahkan beberapa aksesori yang mengkilau dan memiliki harga cukup tinggi. 

Pada pengaplikasiannya, kamu bisa menambahkan perabot rumah tangga dengan beberapa pilihan warna yang bisa match dengan mocha grey. Kombinasi cat rumah yang cocok diantaranya warna white lion, beige imp, dan juga norsewood. Ini sangat tepat jika kamu sangat menginginkan rumah dengan nuansa teduh lagi menenangkan. 

3. Calm blue

Minimalis, lembut, namun sedikit ceria. Itulah nuansa yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan cat rumah berwarna calm blue. Calm sendiri, mewakili kelembutan dan juga suasana damai nan tenang.

Warna Cat Rumah Minimalis Calm Blue

Kabarnya juga, tone warna calm blue ini sangat efektif untuk digunakan sebagai penenang pikiran, melambatkan denyut darah, menurunkan tekanan darah, dan juga mengurangi rasa khawatir. Jadi sangat cocok bagi kamu yang merupakan tipe orang yang sering gelisah. 

Dengan warna ini, selain mendapatkan suasana lembut, manis, namun masih tergolong ceria, ketika tinggal di dalamnya kamu juga mendapatkan ketenangan atas hasil dari fungsi warna calm blue sendiri seperti yang telah disebutkan di atas. 

Selain untuk kamu yang sering gelisah, warna calm blue ini juga sangat cocok digunakan sebagia warna kamar tidur anak. Dan lagi, selain beragam keuntungan di atas, dengan warna calm blue, ruangan dalam rumah akan terasa lebih luas. 

4. Kombinasi warna monochrome

Warna ini, sangat cocok bagi kamu yang memang hanya menyukai satu jenis warna saja. Monochrome, memang dinisbahkan pada satu jenis warna. Walaupun satu warna, hal ini tidak menjadi masalah. Jika memang niat dan bersungguh-sungguh menerapkannya, maka hasilnya akan sangat memuaskan. 

Rumah Minimalis Monokrom

Satu warna, itu merupakan lambang dari ketegasan. Apalagi untuk konsep rumah minimalis, satu warna sangat tepat untuk diterapkan. Minimalis sendiri, diartikan sebagai satu konsep yang tegas untuk melihat segala sesuatu dari fungsinya. 

Maka monochrome, cukup untuk mewakili fungsi dan makna dari rumah minimalis. Selain tepat, warna monochrome juga tidak akan mengganggu pandanganmu dengan warna yang mungkin bisa jadi sangat kontras dalam satu rumah. Ini juga akan sangat membantumu untuk mencapai suasana tenang, magis, namun masih terlihat elegan. 

5. Light grey

Warna untuk rumah minimalis yang pada umumnya dan memang bagus untuk digunakan adalah light grey. Kata siapa warna abu-abu merupakan warna yang membosankan? Di tampilan akhir rumah dengan warna light grey, kamu bisa memilih abu-abu dengan kecenderungan glossy atau bisa juga menambah kesan kilat. 

Rumah Minimalis warna abu cerah

Ini bisa kamu pakai agar nantinya warna abu-abu bisa beririsan dengan cahaya lampu yang tepat jatuh pada tembok rumah. Light grey tidak akan membosankan jika kamu memilih kombinasi warna yang tepat. Contohnya dengan warna kuning, hijau, biru, dan bisa juga dengan warna putih. 

6. Dark tosca

Nah ini cocok bagi kamu yang suka konsep rumah minimalis dan ingin rumah yang cenderung gelap. Dark tosca merupakan warna yang cocok untukmu. Warna ini, akan memberikan kesan padat pada rumah namun masih mendapatkan kesan yang elok. 

Rumah Minimalis warna tosca

Jangan lupa untuk menambahkan kombinasi warna seperti putih, cokelat muda, dan beberapa warna lain yang tentu jangan terlalu kontras dengan warna dark tosca. Bisa juga dengan mengkombinasikannya dengan warna keramik yang bermotif netral dan memakai warna hitam di bagian dindingnya. 

7. Warm brown

Warm brown sangat cocok untuk bagian rumah yang digunakan untuk bercengkrama. Bahkan jika konsep rumahnya minimalis sekalipun. Warna warm brown ini akan memberimu suasana hangat dan sedikit menggambarkan suasana yang mewah. 

Rumah Minimalis warna warm brown

Jika pun kamu menggunakan beberapa warna seperti putih, abu-abu, dan warna coklat yang agak gelap, itu masih cocok untuk digunakan. Nantinya, warna warm brown dan kombinasi warna lain tersebut akan terlihat mengisi satu sama lain. Maka cocok dijadikan set warna dalam ruang keluarga atau kamar tidur. 

8. Dark grey

Dark grey memang dikenal sangat cocok jika digunakan untuk membuat netral beberapa warna yang kuat. Salah satunya adalah warna kuning. Silakan coba untuk mengkombinasikan warna kuning dan juga dark grey pada rumah konsep minimalis yang kamu miliki. 

Rumah Minimalis warna abu tua

Kombinasi antara dua warna tersebut, nantinya akan membuat kesan cerah tanpa meninggalkan suasana rumah modern. 

9. Cheer blue

Mau menerapkan konsep minimalis namun kamu orang dengan kepribadian yang ceria? Warna yang bisa kamu gunakan untuk mewakilinya adalah cheer blue. Ini sangat cocok untuk kamu yang berkepribadian ceria. Dengan warna ini, kamu akan diberikan kesan rumah yang menyenangkan dan begitu hidup.

Rumah Minimalis warna cheer blue

Selain itu, masih tetap diberikan suasana minimalis dan juga berusaha agar tidak terlalu cerewet. Jika ingin menggunakannya, silakan pilih warna yang senada dan bisa juga kontras. Warna ini sangat fleksibel untuk dipadupadankan dengan beragam warna. 

Itulah sekian rekomendasi yang bisa dijelaskan jika kamu ingin memilih warna cat rumah yang sesuai dengan rumah kayu ataupun rumah minimalis. Pemilihannya, bisa dengan memakai konsep warna yang seragam dengan dasar konsep rumah atau bahkan bisa memadupadankan dengan warna yang lebih kontras. 

Sebenarnya, untuk warna yang akan digunakan untuk cat rumah, bisa kamu kreasikan sendiri. Dalam pengkombinasian warna cat rumah, memang ada beberapa prinsip dasar yang harus diikuti seperti keserasian warna, jenis, tipe, dan beberapa pertimbangan lainnya. 

Tetapi, tidak ada salahnya jika kamu ingin mengkombinasikan warna yang menurut banyak orang sangat tidak cocok untuk dipadupadankan. Terkait dengan cat warna apa yang paling bagus, sebenarnya tidak ada ukuran pasti. Itu semua tergantung dengan selera. 

Apalagi jika kamu memang ingin menggarap rumah yang sesuai dengan kepribadian. Itu tentu merupakan tantangan tersendiri. Sebab kamu harus bisa mewakilkan perasaan terdalam kamu dengan mewujudkannya pada desain interior, eksterior, dan konsep rumah yang dimiliki. 

Tidak ada tolok ukur yang pasti apakah jenis rumah A lebih baik dari konsep rumah B. Jadi, untuk mencampur warna, mengkombinasikan warna, dan memilih konsep yang cocok dengannya itu sangat dibebaskan tergantung apa yang pemilik rumah tersebut inginkan. 

Kalaupun masih ragu, silakan untuk berkonsultasi dengan arsitek, jasa desain interor-eksterior, dan jasa penyedia aksesori rumah agar kamu bisa mendapatkan rumah yang memang sangat diidamkan. Semoga penjelasan yang telah dituliskan ini bisa bermanfaat!